10 Orang Guru Ditunda Vaksinasi Covid-19

 86 total views,  2 views today

BERITA KLATEN – Vaksinasi Covid-19 tahap 2 untuk dosis 1 bagi para guru di RSIA Aisyiyah Klaten, Jawa Tengah, Selasa (16/3/2021) yang berjumlah 113 orang guru ditunda 10 orang guru. Sebetulnya yang terdaftar ada 120 orang guru, namun yang hadir ada 113 orang guru.

Demikian dikatakan dr Fitria Sri Utami pada wartawan Berita Klaten.com lewat telepon seluler. Dokter Fitria berharap para guru yang telah vaksinasi dalam keadaan sehat.  Menurutnya pelaksanaan vaksin tahap 2 untuk para guru berjalan lancar.

Pantauan Berita Klaten.com para guru yang akan vaksinasi Covid-19 dosis 1 sejak sekitar pukul 07.00 sudah berdatangan di RSIA Asyiyah Klaten. Para petugas tim secreening vaksinasi Covid-19 sudah siap melakukan screening. Langkah screening adalah  di pendaftaran terus pengecekan suhu badan dan tensi tekanan darah, meja 1 pendataan para guru yang akan vaksinasi covid-19, meja 2 penelusuran riwayat kesehatan, bila layak terus ke meja 3 untuk dilakukan suntik vaksin Covid-19. Setelah dilakukan vaksinasi Covid-19 dosis 1 terus menuju meja 4 untuk observasi selama 30 menit. Bila selama 30 menit dilakukan observasi tidak mengalami kelainan kesehatan para guru mendapatkan selembar bukti KARTU VAKSINASI COVID-19. Pada Kartu Vaksinasi Covid-19 tertera data riwayat pemberian vaksin covid-19.

Para guru yang ditunda vaksinasi Covid-19 karena kesehatannya tidak layak. Gangguan kesehatannya ada beberapa macam, antara lain karena tensi tekanan darah yang tidak memenuhi standart, atau karena sakit akut. Sehingga kondisinya tidak mungkin dilakukan vaksin Covid-19.

Salah seorang guru Suyanto yang menjabat Kepala SD Negeri Pandes (SD Karang) di Kecamatan Wedi, Klaten, setelah divaksin merasa senang. Ia mengatakan akan tetap disiplin melaksanakan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pada air mengalir, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas (5M). Selain itu menjaga makanan agar terhindar dari tekanan darah tinggi. Ia berharap pada vaksin Covid-19 dosis 2 yang akan datang berjalan lancar seperti vaksin Covid-19 dosis 1.

Para guru yang telah vaksinasi Covid-19 dosis 1 nampak ceria.  Rasa gembira nampak terpancar dari raut mukanya yang berbinar. Beberapa guru  menjawab pertanyaan Berita Klaten.com mengatakan  senang sudah dilakukan vaksin Covid-19 dosis 1. Harapan mereka nantinya pada vaksin Covid-19 dosis 2 berjalan lancar.

Terkait vaksinasi Covid-19, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten dr Cahyono Widodo ketika ditemui beberapa hari lalu mengatakan untuk vaksinasi warga masyarakat menunggu jadwal. Sekarang untuk warga masyarakat lansia. Sebelumnya telah diutamakan bagi tenaga kesehatan (Nakes), TNI dan Polri, dan wartawan.(ksd)

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru