Simulasi Pembentukan Desa Tangguh Bencana Desa Kragilan Berjalan Lancar

 156 total views,  1 views today

BERITA KLATEN – Desa Kragilan, Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menyelenggarakan simulasi Pembentukan Desa Tangguh Bencana di Gedung Desa Kragilan, Rabu s/d Jumat (17-19 Maret 2021) berjalan lancar.

Simulasi Pembentukan Desa Tangguh Bencana disaksikan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani yang didampingi beberapa orang Pejabat Pemerintah Kabupaten Klaten, antara lain Assisten 1 Bupati dr Ronny Roekmito, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten dr Cahyono Widodo, Kepala BPBD Klaten Sip Anwar, dan pejabat Kabupaten Klaten lainnya, serta Pejabat Muspika Gantiwarno juga hadir.

Dalam simulasi pembentukan desa tangguh bencana di Desa Kragilan yang dilaksanakan pada hari ke-3 seolah-olah warga Desa Kragilan ada yang terpapar virus korona atau Covid-19. Dalam simulasi pembentukan desa tangguh bencana di Desa Kragilan diperankan oleh para peserta pelatihan Pembentukan Desa Tangguh Bencana. Peserta pelatihan memerankan sebagai kepala desa (Kades), perangkat desa, RT, RW, dan Satgas PKK. Salah satunya peseta pelatihan Pembentukan Desa Tangguh Bencana adalah seorang Bidan Desa Kragilan bernama Sumarni.  Sumarni pada Berita Klaten.com mengatakan seolah-olah di Desa Kragilan ada warganya yang terpapar virus korona.  Kemudian  pemerintah desa bersama tokoh masyarakat dan satgas PKK terjun untuk mengatasi dan menolong warganya yang terpapar virus korona. Bidan Sumarni juga menjelaskan dalam pelatihan pembentukan desa tangguh bencana juga dilakukan diskusi mengenai ancaman bencana di Desa Kragilan. Dalam diskusi diiventarisasi atau didata jenis-jenis ancaman bencana yang dapat menimpa Desa Kragilan.

Penyajian simulasi pembentukan desa tangguh bencana cukup menarik, sehingga membuat hadirin yang menyaksikan cukup terkesima menyaksikannya. Terlihat juga Bupati Klaten Sri Mulyani dan pejabat Pemkab Klaten lainnya juga melihat penuh perhatian.

Bupati Sri Mulyani dalam sambutannya antara lain mengatakan apresiasi adanya pelatihan ini pembentukan desa tangguh bencana. Pesannya, bila di Desa Kragilan ada yang terpapar virus korona atau Covid-19 jangan dijauhi. Warga yang terpapar virus korona agar dibantu dan diperhatikan. Sri Mulyani juga mengungkapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten akan melakukan vaksinasi sejumlah 980-an ribu warga.  Warga masyarakat tidak perlu takut disuntik vaksin Covid-19 bila ingin sehat. Pesannya pada pejabat dari Pemkab Klaten  hingga di desa agar membantu menyukseskan program vaksinasi.

Selesai menyaksikan simulasi pembentukan desa tangguh bencana di Desa Kragilan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani menyerahkan Sertifikat Desa Tanggap Bencana pada Pemerintah Desa Kragilan yang diterima Kades Kragilan Suraji. Diterimanya sertifikat tersebut disambut gembira warga yang menyaksikan dengan tepuk tangan.(ksd)

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru