61 Siswa PKBM Prima Sejahtera Ikuti UPK

 340 total views,  1 views today

BERITA KLATEN – Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Prima Sejahtera di Kecamatan  Klaten Utara, Klaten, Jawa Tengah diikuti 61 siswa, Selasa (24/3/2021).

Kepala lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Prima Sejahtera Ediningsih, pada wartawan  mengungkapkan  siswanya kelas 12 Sekolah Menengah Atas jumlahnya ada 61 orang, jurusannya  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Siswa PKBM Prima Sejahtera yang berada di Kompleks Griya Prima, Desa Belang Wetan, Klaten Utara, Klaten, Jawa Tengah  kebanyakan dari luar Kecamatan Klaten Utara. Bahkan ada yang berasal dari Kota Yogyakarta.

Model ujian pendidikan kesetaraan (UPK) yang  dilakukan di PKBM Prima Sejahtera adalah dengan luar jaringan.  Pagi sekitar pikul 08.00 siswa mengambil soal di kantor PKBM Prima Sejatera. Kemudian pada pukul 13.00 sudah menyerahkan kerjaan pada guru. Pelaksanaan UPK tanggal 22 s/d 27 Maret 2021.  Koreksi langsung dilakukan oleh para guru.

Ediningsih dalam kesempatan diwawancarai Berita Klaten.com mengungkapkan bila PKBM Prima Sejahtera dikelola sejumlah 18 orang. Dari jumlah ini gurunya berijazah S1. Bahkan ada beberapa guru yang sedang menempuh S2. Untuk penanganan administrasi data-data secara online dikerjakan oleh 3 orang operator.

Ediningsih sebagai Pengawas Luar Sekolah (PLS) di Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten bertekad  untuk membantu anak-anak remaja yang putus sekolah. Diharapkan dapat mengikuti pendidikan kesetaraan paket C. Di PKBM Prima  Sejahtera juga ada pendidikan kesetaraan untuk paket A, dan paket B. Selain kesetaraan juga ada pendidikan  bagi anak usia dini atau PAUD.

Mengakhiri wawancara, Ediningsih yang ditemui di kantornya PKBM Prima Sejahtera menyatakan anak-anak yang bergabung di PKBM Prima Sejahtera dapat sukses. Ia juga berujar tujuan PKBM Prima Sejahtera membantu pendidikan masyarakat lewat  pendidikan non formal. Dengan pendidikan penyetaraan dapat menghantar kesuksesan seseorang.(ksd)

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru