Kapolres Klaten Resmikan Stasiun & Terminal Klaten Sebagai Siaga Candi

 254 total views,  1 views today

BERITA KLATEN – Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu  meresmikan Stasiun Klaten dan Terminal Ir Soekarno Klaten sebagai Candi, Kamis (25/3/2021).

Acara dihadiri oleh PJU Polres Klaten, Kadishub Klaten, Kepala Stasiun Klaten, Kepala Terminal Ir Soekarno, Muspika Kecamatan Klaten Tengah serta sejumlah tokoh masyarakat. Stasiun dan Terminal Siaga Candi merupakan program Polda Jawa Tengah untuk mendorong penerapan protokol kesehatan terkait covid-19 pada fasilitas umum. Atas instruksi Kapolda itu, Polres Klaten kemudian menindaklanjuti dengan membentuk Stasiun Klaten dan Terminal Ir Soekarno sebagai Terminal sebagai Siaga Candi.

Kapolres Klaten dalam sambutannya mengatakan bahwa program Stasiun dan Terminal Siaga Candi juga dijalan-kan untuk mendukung pemerintah dalam menerapkan PPKM Berskala Mikro. Obyek tersebut untuk mengendalikan penyebaran covid-19, dimana salah satunya memuat ketentuan tentang pembukaan tempat publik dengan pembatasan tertentu.

“Untuk menunjang keberhasilan PPKM Mikro, Polda Jateng telah memberikan instruksi yang tertuang dalam telegram Kapolda Jateng nomor ST/255/II/Ops.2/2021 tanggal 2 Februari 2021 tentang revitalisasi Stasiun Siaga Candi dan Terminal Siaga Candi. Diharapkan terminal dan stasiun dapat meminimalisir penularan covid-19,” ujar Kapolres Klaten.

Kapolres menambahkan bahwa diresmikannya Stasiun Klaten dan Terminal Ir Soekarno sebagai Stasiun dan Terminal Siaga Candi karena telah memenuhi beberapa kriteria yang ditetapkan, antara lain, telah mematuhi protokol kesehatan, mempunyai posko kesehatan, mempunyai ruang isolasi, dan memiliki posko keamanan.

“Di stasiun dan terminal ini seluruh penumpang yang masuk maupun keluar Klaten sudah diwajibkan memakai masker, mencuci tangan, dan juga diadakan pengecekan suhu tubuh,”tutur Edy Suranta Sitepu menegaskan.

Menurut Kapolres program ini akan terus dilanjutkan dan diterapkan di semua fasilitas umum di wilayah Kabupaten Klaten. Untuk menutup kemungkinan program Siaga Candi ini akan diterapkan juga di lingkungan lain seperti perusahaan dan pasar untuk bisa menekan penyebaran covid-19.

Sementara itu Plt Kadishub Klaten Sudiyarsono mengungkapkan bahwa terminal di wilayah Klaten selama ini sudah mematuhi protokol kesehatan. Apalagi dengan adanya pendamping Polres Klaten melalui program Terminal Siaga Candi ini, semakin menambah komitmen untuk bersama-sama mencegah penularan covid-19 di lingkungan terminal. Terminal Ir Soekarno menurutnya juga sudah siap menghadapi arus mudik tahun 2021 di masa pandemi ini. Beberapa hal yang sudah disiapkan antara lain penyiapan fasilitas protokol kesehatan dan koordinasi dengan dinas kesehatan. (lsd/humas res)

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru