Ujian Pendidikan Kesetaraan Paket B Prima Sejahtera Diikuti 40 Siswa

 238 total views,  7 views today

BERITA KLATEN – Sejumlah 40 siswa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Prima Sejahtera di Griya Prima Kecamatan Klaten Utara, Klaten mengikuti ujian pendidikan kesetaraan (UPK), Senin s/d Jumat (29/3-4/4/2021).

Pelaksanaan UPK secara luar jaringan (luring). Teknisnya para siswa setiap pagi hari mengambil soal ujian mata pelajaran sesuai jadwalnya. Soal UPK dibawa pulang terus dikerjakan di rumah. Kemudian pada sore hari lembar jawab dikumpulkan pada petugas di kantor PKBM Prima Sejahtera.

Pengurus PKBM Prima Sejahtera Ediningsih ketika ditemui Berita Klaten.com mengatakan siswa kelas 9 ketika datang di sekolah mengambil soal UPK terus pulang.  Soal UPK dikerjakan di rumah. Selanjutnya setelah selesai dikerjakan sesuai ketentuan lembar jawaban  dikumpulkan di kantor PKBM Prima Sejahtera.

“Tiap pagi siswa kelas 9 mengambil soal  mata pelajaran sesuai jadwal UPK. Soal ujian dibawa pulang. Siswa mengerjakan soal ujian  di rumah. Sesuai ketentuan jadwal, setelah selesai dikerjakan kemudian dikumpulkan di kantor,”tutur Ediningsih menjelaskan.

Lebih lanjut Ediningsih mengungkapkan siswa PKBM Prima Sejahtera rumahnya ada yang dari luar Kota Klaten, ada dari Yogyakarta, dari luar kecamatan Kota Klaten, ialah dari Kecakapan Ceper dan lainnya. Siswa paket B  ada yang sudah nikah,  dan sudah umur remaja tanggung.

Ediningsih pada Berita Klaten.com mengatakan lembaga pendidikan PKBM Prima Sejahtera didirikan untuk membantu para siswa yang awalnya drop out dari sekolah reguler, atau sekolah formal.  PKBM Prima Sejahtera siap membantu kaum muda yang mengalami problem di sekolah formal.

Salah seorang siswa peserta UPK Bayu Setyawan yang rumahnya Bogelan, awalnya adalah siswa dari salah satu di SMP Negeri di wilayah Kota Klaten. Pengakuannya karena kurang disiplin kemudian di kelas 7 dikeluarkan. Setelah beberapa tahun tidak sekolah,   ia menyadari kemudian daftarkan masuk di PKBM Prima Sehatera. Ia mengatakan senang mengikuti pendidikan di PKBM Prima Sejahera.

Satu lagi, siswa yang bernama Ami Raisita rumahnya Karangwuni,  Ceper, Klaten. Pada Berita Klaten.com masuk Paket B ia mengatakan ingin melanjutkan masuk sekolah jemjang lebih tinggi. Ami Raisita  ingin masuk SMA. Selama mengikuti pendidikan di PKBM Prima Sejahtera merasa senang. Pemdampingnya ramah-ramah, sangat enak menyenangkan.

Jadwal pelaksanaan UPK paket B Senin tanggal 29 Maret  2021  mata pelajaran Agama dan PPKn, Selasa tanggal 30 Maret 2021 mata pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia dan Matematika, Rabu tanggal 31 Maret 2021 Mapel IPA dan IPS. Hari Kamis  tanggal 1 April 2021 Mapel Bahasa Inggris dan Seni Budaya, dan hari Jumat tanggal 2 April 2021 Mapel Bahasa Daerah. (ksd)

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru