670-an Guru PNS Mengikuti Bimtek PKG & PKB

 84 total views,  2 views today

BERITA KLATEN – Sejumlah 670-an Kepala Sekolah dan Guru SD Negeri se-Eks Kawedanan Kota Klaten mengikuti bimbingan teknis (bimtek) penilaian kinerja guru (PKG) dan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) diselenggarakan di SD Negeri 1 Karanganom dan Gedung Kopen Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, tanggal 18 – 31 Maret 2021.

Para kepala sekolah dan guru pegawai negeri sipil (PNS) perlu meningkatkan penilaian kinerja guru karena dituntut untuk dapat  dilakukan secara mandiri. Guru PNS yang ingin naik jenjang golongan sebagai pengembangan keprofesian yang berkelanjutan.

Nara sumber yang menyampaikan bimtek untuk para kepala sekolah dan guru pegawai negeri sipil antara lain dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Wardani, Kasubag Tata Usaha Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Guntur, Kabid PTK Wasono, Pengawas Bidang Pendidikan Wilayah Klaten Selatan Sumatno, Pengawas Bidang Pendidikan Wilayah Kecamatan Wedi Budianto, dan Suparmi sebagai guru di SMP Negeri 7 Klaten.

Peserta bimtek yang jumlahnya 600-an guru dan kepala sekolah dibagi di dua tempat. Di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Karanganom, Kecamatan Klaten Utara untuk para guru dan kepala sekolah yang bertugas di Kecamatan Ngawen, Klaten Selatan, Kecamatan Kebonarum, dan Klaten Utara. Sedangkan di Gedung Kopen Klaten Tengah untuk peserta Bimtek dari Kecamatan Wedi, Kecamatan Kalikotes, dan Kecamatan Klaten Tengah.

Kepala SD Negeri Tonggalan Suyanto pada Berita Klaten mengungkapkan dengan adanya Bimtek PKG dan PKB bagi kepala sekolah dan guru sekolah dasar sangat bagus. Dengan adanya Bimtek ini guru PNS sebagai aparat sipil negara (ASN) dapat meningkatkan kemampuan untuk mengerjakan persyaratan untuk kenaikan jenjang di atasnya, dari golongan bawah ke golongan atau jenjang lebih tinggi. Materi pelatihan atau Bimtek ini sangat relevan dengan kebutuhan guru. Suyanto menuturkan bagi kepala sekolah Bimtek ini untuk mereviu penyegaran pengetahuan yang sudah didapatkan waktu lampau. Kemudian bagi para guru yang calon pegawai negeri (CPNS) merupakan pembekalan pengetahuan untuk kenaikan pangkat.

Supriyadi, salah seorang panitia penyelenggaraan Bimtek PKG dan PKB untuk kepala sekolah dan guru sekolah dasar negeri se eks Kawedanan Kota Klaten pada wartawan Berita Klaten antara lain mengatakan para guru yang ikut Bimtek untuk meningkatkan dalam menjalankan tugas sebagai guru. Bimtek semacam ini menurutnya akan diagendakan. Waktunya, lanjut Supriyadi akan disesuaikan yang tepat. Guru mesti lebih profesional, dan untuk memahami kenaikan golongan jenjang yang lebih atas.

Pantauan Berita Klaten.com para guru dan kepala sekolah yang mengikuti Bimtek nampak penuh perhatian. Beberapa guru yang tidak mau disebut namanya mengatakan merasa senang mengikuti Bimtek PKG dan PKB.(ksd)

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru