Antisipasi Virus Corona Hj Sri Mulyani Serukan Jaga Kebersihan

BERITA KLATEN – Sehubungan merebaknya virus corona (covid-19), Bupati Klaten Hj Sri Mulyani menyerukan pada warga masyarakat Klaten, Jawa Tengah agar menjaga kesehatan dengan membiasakan kebersihan cuci tangan, Sabtu (21/3/2020) pagi tadi.

Seruan itu dilakukan oleh Hj Sri Mulyani di Pasar Tiga Lantai Klaten, di Pasar Gabus Jatinom, dan di Pasar Cokro Kembang, Kecamatan Tulung. Di tiga  pasar tersebut Hj Sri Mulyani menyerukan pada warga masyarakat, khususnya pada para pedagang agar membiasakan hidup bersih, mencuci tangan menggunakan cairan hand sanitizer untuk menjaga kesehatan. Khususnya dalam kondisi sekarang virus corona (covid-19)  yang mewabah. Warga masyarakat di Klaten diminta cuci tangan setiap habis melaksanakan aktifitas.

“Dan, saya minta warga masyarakat, khususnya para bakul sepulang dari kegiatan di pasar agar mandi yang bersih. Akan makan juga bersihkan tangan dengan cuci tangan. Telapak tangan harus bersih, waktu mencuci telapak tangan, di sela-sela jari upayakan kena sabun atau hand sanitizer,”ajak Hj Sri Mulyani dalam seruannya.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, dalam menyerukan itu setelah turun dari mobil dinasnya, terus naik di atas mobil jip terbuka. Dengan penuh semangat dan rasa perhatian pada warga masyarakat Klaten, serta para bakul ia mengajak serius untuk menjaga kesehatan dengan menjaga kebersihan, salah satunya dengan mencuci tangan setiap akan makan, dan selesai melakukan aktifitas. Warga masyarakat Klaten agar membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk menangkal virus corona. Hj Sri Mulyani juga mengatakan di Klaten sampai sekarang dalam keadaan aman dari virus corona.

Dalam arahannya ia juga mengatakan agar tidak perlu bersalaman, dan tidakn perlu cipika-cipiki bila bertemu kawan. Jaga jarak dulu dalam bersosialisasi. Warga masyarakat agar menuruti anjuran dari Presiden Joko Widodo, maupun Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dalam kesempatan itu Hj Sri Mulyani membagikan masker dan botol kecil berisi hand sanitizer untuk menangkal virus corona.

Hj Sri Mulyani melakukan seruan tersebut di Pasar 3 Lantai Klaten, di Pasar Gabus, Kecamatan Jatinom, dan di Pasar Cokro Kembang, Kecamatan Tulung didampingi Assisten 1 dr Ronny Roekmito selaku Ketua Gugus Tugas Pengendalian Penyakit virus corona, Kepala Dinas Kesehatan Klaten dr Cahyono W, Kabid Pencegahan dan Penyakit Dinas Kesehatan Klaten dr Anggit Budiarto, Kepala RSUD Bagas Waras Klaten dr Limawan, dan para pejabat Pemkab Klaten lainnya.

Masyarakat bakul yang mendengarkan seruan tersebut memperhatikan serius. Warga masyarakat banyak berebutan untuk mendapatkan masker dan botol cairan hand sanitizer.(ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *