Upacara Hari Guru Nasional 2019 Diikuti Ribuan Guru

BERITA KLATEN – Upacara hari guru nasional tahun 2019 dan HUT ke-74 PGRI Kabupaten Klaten, Jawa Tengah yang diselenggarakan di Alun-alun Klaten diikuti ribuan guru, Senin (25/11/2019).

Bertindak sebagai inspektur upacara hari guru nasional 2019 adalah Bupati Klaten Hj Sri Mulyani. Perwira upacara adalah Sunarno yang sehari-harinya sebagai Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Kebondalem Kidul, Prambanan. Sedangkan bertindak sebagai komandan upacara adalah Aris Ekwantoro sehari-harinya sebagai guru di SDN 2 Jomboran, Klaten Tengah. Dan para petugas upacara  lainnya dari para guru.

Peserta upacara hari guru di Kabupaten Klaten, Jateng yang jumlahnya ribuan  adalah para guru TK, SD, dan SMP. Para yang ikut upacara siswa SD, SMP, dan pleton pramuka. Mereka nampak semangat mengikuti upacara hari guru nasional tahun 2019.

Sebelum peringatan upacara hari guru nasional  2019 dan hari ulang tahun (HUT) ke-74 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ditampilkan senam PGRI yang dilakukan oleh 100-an guru. Kemudian juga tampil 2 siswi kelas 4 dari SDN 1  Klaten menyanyikan lagu Himne  Guru dan Guruku  Sayang. Dua siswi tersebut bernama Maria Magdalena Amelia Fedora dan Diva Aurellia Ardini Syahputri.

Sambutan Menteri  Pendidikan Indonesia Nadiem Anwar Makarim yang dibacakan Bupati Sri Mulyani, antara lain mengatakan Anda tahu bahwa setiap anak memiliki kebutuhan berbeda, tetapi keseragaman telah mengalahkan keberagaman sebagai prinsip dasar birokrasi. Anda ingin setiap murid terinspirasi, tetapi Anda tidak diberi kepercayaan untuk berinovasi.

Besuk di mana pun Anda berada, lakukanlah perubahan kecil di kelas Anda, ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar, berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar kelas, cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas, temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri, dan tawarkan bantuan kepada guru yang sedang kesulitan. Apapun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak.

Tema hari guru nasional tahun 2019 ini adalah Peran strategis guru dalam mewujudkan SDM Indonesia yang unggul. Dalam kesempatan upacara hari guru ini juga dibagikan hadiah kejuaraan  lomba tenis lapangan untuk memperingati hari guru.  Juara 1 diraih Cabang PGRI Kecamatan Kebonarum, Juara 2 Cabang PGRI Kecamatan Ngawen. Untuk juara 3 ada 2 peraihnya, ialah Cabang PGRI Kantor Kemenag, dan Cabang  PGRI Kecamatan Wonosari.(ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *