Rabu Abu Umat Katolik Memasuki Masa Pra Paskah

BERITA KLATEN – Misa Rabu Abu menandai Umat Katolik memasuki masa pra Paskah tahun 2020. Sekitar 800-an umat Katolik mengikuti Misa Rabu Abu di Gereja Katolik SPM Bunda Kristis Paroki Wedi,  Rabu (26/2/2020) pagi.

Misa Rabu Abu pagi dimulai pukul 05.00 dipimpin oleh Romo AG Luhur Prihadi.  Dalam homilinya, Romo AG Luhur Prihadi antara lain mengungkapkan masa pra Paskah dimulai pada hari Rabu Abu ini. Umat Katolik hari Rabu Abu ini ditandai dengan mengolesi dahinya dengan abu dari bakaran daun palma. Pada masa pra Paskah umat Katolik juga melakukan mati raga, dengan menjalani puasa dan pantang. Selama masa pra Paskah umat Katolik merefleks, untuk mempersiap-kan perayaan Paskah. Allah Tuhan yang telah mengasihi umat, menjelma sebagai manusia pada diri Yesus Kristus, yang mati namung pada hari ke-3 bangkit dari mati. Inilah wujud Allah Bapa yang mengasihi umatnya.

Masa aksi puasa pembangunan tahun 2020 (APP) yang berlangsung tanggal 26 Februari hingga 11 April 2020, juga untuk retret agung. Keuskupan Agung Semarang mengambil tema Bertobat, Terlibat Dan Berbuah Berkat. Dalam kesempatan masa APP umat Katolik melakukan perenungan tema-tema yang sudah ditentukan oleh Panitia Aksi Puasa Pembangunan Keuskupan Agung Semarang.(ksd)

 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *