Sanggar Seni Bandung Bondowoso Gelar Lakon Pandu Suwargo

BERITA KLATEN – Sanggar Seni Bandung Bondowoso di Desa Gondangan, Keca-matan Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah menggelar wayang kulit lakon Pandu Suwargo secara live streaming oleh dalang muda  Angger Argo Sadewo, Sabtu (25/7/2020) malam.

Pimpinan Sanggar Seni Bandung Bondo-woso Marsono, pada Berita Klaten mengatakan gelar pentas wayang me-ngambil lakon Pandu Suwargo secara live streaming merupakan gelar yang perdana dalam  pandemi virus corona atau covid-19. Kebetulan momentum ini untuk tahlilan ngekoli  (6 tahun mening-galnya) Eyang Bopo Heru Wardoyo. Dan dalam new normal  (adaptasi baru) di pandemi covid-19 ini. Maka dalam gelar wayang ini semua  yang terlibat  men-taati protokol kesehatan. Para yogo memakai masker, cuci tangan pakai sabun pada air mengalir, juga hand sanitizer, juga check suhu.

Dalam gelar  wayang dengan lakon Pandu Suwargo semua pendukungnya adalah anggota Sanggar Seni Bandung Bondowoso. Karawitan, gerong, penari, juga dalangnya adalah yang belajar atau nyantrik  di Sanggar Seni Bandung Bondowoso. Dalam gelar pentas wayang ini dihadiri para tokoh kampung dan pejabat Desa Gondangan.

Inti gelar  pentas wayang kulit lakon Pandu Suwargo adalah keluarga Pandowo berjuang penuh rintangan untuk menyuwargakan orang tuanya para keluarga Amarta. Itu diperjuangkan Puntodewo, Werkudoro, Arjuno, dan kembaran Nakulo serta Sadewo. Rintangan yang dihadapi para Amarta cukup berat dalam perjuangannya untuk menyuwargakan  Pandu.(ksd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *