45 Orang Warga Desa Jabung, Gantiwarno Mengikuti Pelatihan Kewirausahaan & Pengenalan Digital Marketing

BERITA KLATEN – Untuk meningkatkan kemampuan kewirausahaan dan pengenalan digital marketing bagi warga Desa Jabung, Pemerintah Desa Jabung memfasilitasi pelatihan perihal tersebut, di Aula Desa Jabung, Kecamatan Gantiwarno, Klaten, Jateng, Sabtu (4/9/2022).

Ketua panitia penyelenggara pelatihan kewirausahaan dan pengenalan digital marketing Mariya Trisiandya Puri Sitosari, mengawali sambutannya antara lain mengucapkan selamat datang pada peserta pelatihan.

Lebih lanjut Mariya Trisiandya PS mengatakan, melalui Rumah Kreatif Acarya Gantari, Desa Jabung berkomitmen mencetak masyarakat unggul didalam kemajuan teknologi di jaman sekarang. Dari pelatihan ini akan membekali peserta untuk mampu lebih baik mengoperasikan informasi teknologi (IT) untuk aktifitas digital marketing. Dikatakan juga, kuota peserta pelatihan sejumlah 45 orang. Peserta pelatihan tidak dipungut beaya, alias gratis. Karena itu Mariya Trisiandya PS berpesan agar peserta mengikuti sampai selesai, dan ikuti pelatihan dengan baik. Mariya menegaskan pelatihan ini  belajar bersama untuk meningkatkan kemampuan peserta berwira usaha yang lebih modern.

Kepala Desa Jabung Pramono, dalam sambutannya mengungkapkan dengan adanya pelatihan tersebut  yang diprakarsai melalui rumah kreatif  Acarya Gantari Desa Jabung berkomitmen mencetak masyarakat unggul, artinya rumah kreatif menjadi tempat untuk mendidik warga Desa Jabung lebih kreatif  dan maju, tambah pengetahuan dalam perkembangan jaman sekarang. Sehingga warga masyarakat Desa Jabung bila sudah mampu mengoperasikan IT akan mampu memasarkan produk hasil karyanya menggunakan alat-alat informasi modern.

Pramono juga menuturkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Klaten yang bergerak di pertanian adalah BUMDes milik Desa Jabung. Maka Pramono berharap pada pengurus BUMDes  Jabung dapat memasarkan produk-produk pertanian menggunakan perangkat digital yang lebih canggih/modern.

Ketika Kepala Desa Jabung Pramono diwawancarai beberapa wartawan, Pramono mengungkapkan kemajuan Desa Jabung bukan hanya phisik, tetapi kemampuan manusia atau sumber daya manusia (SDM) juga perlu diperhatikan, untuk ditingkatkan.

Tujuan adanya pelatihan tersebut untuk meningkatkan kopetensi warga, ini merupakan upaya Pemerintah Desa Jabung agar warga mampu menjawab tantangan jauh ke depan. Untuk menghadapi tantangan jaman ke depan mesti sudah dimulai dari sekarang.

Harapan Pramono dengan adanya pelatihan kewirausahaan dan pengenalan digital marketing, warga Desa Jabung mempunyai banyak pengetahuan ilmu, dan keahlian. Sehingga warga mampu untuk berinovasi.

Menurut Pramono pelatihan nantinya berlanjut. Warga perlu diberi edukasi kemampuan desain grafis, editing, mengurus ijin produksi, juga untuk memperoleh modal usaha.

Pramono juga mengungkapkan, dari BUMDes Jabung sudah ada pemasukan ke kas Desa Jabung sebesar Rp 2 juta setiap bulan dari BUMDes yang mengelola sampah. Selain itu BUMDes sampah dapat mengerjakan sekitar 13 orang tenaga kerja. Bagi tenaga pria mendapat upah Rp80 ribu per hari. Tenaga mengolah sampah organik dijadikan rabuk, sedang sampah un organik dikumpulkan dijual di tempat rosok. Dari pengelolaan sampah sudah menciptakan lapangan kerja.

Kegiatan pelatihan membangun kewirausahaan dan pengenalan digital marketing yang dimotori melalui rumah kreatif mendatangkan dua orang nara sumber, adalah Yanti Susanti dari Persepsi, dan Artati Tyas Asmarawati. Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Jabung Pramono.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

DomaiNesia