Search

Aku Cinta Rupiah : Mahasiswa KKN Undip Memberikan Edukasi dan Pendampingan Mengenai Pentingnya Mengenal Mata Uang Rupiah.

Desa Pacing, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten (30/07/2024) – Dalam rangka memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pentingnya mata uang rupiah dan nilainya, Renalisa Senitalova, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tim II Universitas Diponegoro (UNDIP), mengadakan kegiatan edukasi dan pendampingan “Aku Cinta Rupiah” di SD Pacing. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas 4 dengan antusiasme yang tinggi.

Kegiatan ini berlangsung selama dua kali. Dalam pertemuan pertama (30/07/2024), Renalisa memulai kegiatan dengan menjelaskan apa itu uang, peran uang, fungsi uang, dan jenis uang. Melalui pendekatan yang interaktif, Renalisa mengajak siswa-siswi untuk mengenal lebih dekat berbagai peran, fungsi, dan jenis uang. Kegiatan ini juga dilengkapi dengan permainan edukatif yang mengajarkan siswa-siswi tentang uang. Salah satu permainan yang menarik perhatian adalah teka-teki silang, di mana siswa-siswi belajar bagaimana memecahkan masalah dengan cara berpikir logis dan strategis saat memecahkan teka-teki.

Pada pertemuan kedua (01/08/2024), Renalisa melanjutkan materi dengan menjelaskan mengenai desain uang kertas dan uang koin. Renalisa juga memberikan komik bergambar yang bersumber dari website Bank Indonesia yang berisi ilustrasi untuk mengenal tokoh pahlawan dalam mata uang rupiah.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab seputar materi uang dan juga seputar pahlawan yang berada pada mata uang rupiah. Siswa-siswi sangat antusias dan bersemangat dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan.

 

Penulis: Renalisa Senitalova (Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar