Anggota PPK 26 Kecamatan Di Klaten Resmi Dilantik

BERITA KLATEN – Sejumlah 130 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 untuk 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Klaten resmi diambil sumpah dan dilantik oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten, Kartika Sari Handayani di Hotel Grand Tjokro Klaten Rabu, (4/1/2023).

Ketua KPU Klaten, Kartika Sari Handayani mengatakan, untuk anggota PPK setiap kecamatan sebanyak 5 orang dan akan bertugas selama 15 bulan mulai 4 Januari 2023 sampai 4 April 2024. Setelah pelantikan para anggota PPK diberikan pembekalan oleh anggota KPU Kabupaten Klaten terkait tugas dan kewenangan PPK dalam menyukseskan Pemilu 2024.

Setelah anggota PPK mengucapkan sumpah janji dan dilantik, selanjutnya anggota PPK juga mengucapkan pakta integritas yang dibacakan secara simbolis oleh anggota PPK Kecamatan Polanharjo, Magdalena Roganda Sari Boru Lubis. Intinya semua anggota PPK siap melaksanakan Pemilu 2024 secara langsung umum bebas dan rahasia (luber), jujur, dan adil (jurdil).

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani,  dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Bupati Klaten, H Yoga Hardaya mengatakan, para anggota PPK yang mengucapkan sumpah janji dan dilantik oleh Ketua KPU Klaten pada dasarnya mendapatkan kepercayaan dari Negara untuk menyelenggarakan Pemilu 2024. Untuk itu agar amanah tersebut dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggungjawab.

Sebagai anggota PPK, kata H Yoga Hardaya, maka dalam melaksanakan tugas sebagai penyelenggara Pemilu 2024 harus profesional dengan tidak memihak salah satu partai tertentu.

“Meskipun Anda sebagai anggota PPK mungkin karena rekomendasi dari Ketua DPRD Klaten, tetapi sebagai anggota PPK tetap harus menjaga netralitas. Karena sumpah janji sebagai anggota PPK dipertanggungjawabkan di dunia dan akherat,” ujarnya yang langsung mendapat tepuk tanggan dari tamu undangan dan anggota PPK.

Wakil Bupati Klaten, H Yoga Hardaya mengucapkan selamat dan sukses kepada anggota PPK yang sudah diambil sumpah janji dan dilantik, semoga dapat melaksanakan tugas dan kewenangannya dengan baik. Sehingga Pemilu 2024 yang luber dan jurdil di Kabupaten Klaten dapat terwujud.

Sementara Ketua DPRD Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo,  menanggapi pelantikan PPK mengucapkan selamat dan sukses kepada anggota PPK se Kabupaten Klaten yang sudah diambil sumpah janji dan dilantik oleh Ketua KPU Klaten untuk menyukseskan Pemilu 2024 di Kabupaten Klaten. Setelah PPK dilantik, selanjutnya semoga Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa juga segera terbentuk.
Hamenang berharap, semoga anggota PPK di Kabupaten Klaten dalam menjalankan tugas dan kewenangannya dalam pelaksanaan Pemilu 2024 dapat menjaga integritas dan netralitas. Sehingga harapan masyarakat akan terwujudnya Pemilu 2024 yang luber dan jurdil dapat terwujud sehingga terpilih pemimpin seperti harapan masyarakat.

Acara sumpah janji dan pelantikan anggota PPK selain dihadiri Wakil Bupati Klaten dan Ketua DPRD Klaten, juga dihadiri jajaran Forkopimda Kabupaten Klaten. Jalannya sumpah janji dan pelantikan anggota PPK dipimpin langsung Ketua KPU Klaten Kartika Sari Handayani dan dihadiri jajaran anggota KPU Kabupaten Klaten.

 

Penulis: Prokopim Setda Klaten

Editor: ksd

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

DomaiNesia