Search

Antisipasi PMK, Sapi Sehat Di Klaten Mulai Divaksin

BERITA KLATEN – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Klaten mulai melakukan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bagi ternak sapi yang sehat, Selasa (28/6/2022).

Vaksinasi tersebut dilaksanakan serentak di lima wilayah Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Kepala DKPP Klaten Widiyanti, menjelaskan Kabupaten Klaten mendapatkan alokasi vaksin PMK sebanyak 2.200 dosis untuk tahap pertama. Adapun tahap pertama ditargetkan dapat diselesaikan sebelum tanggal 2 Juli yang akan datang.

Sasarannya sesuai dosis yang diterima, sejumlah 2.200 ekor di 13 kecamatan dan 33 desa. Hal itu diungkapkan Widiyanti saat mendampingi Bupati Klaten meninjau vaksinasi PMK di kandang komunal di Desa Socokangsi, Kecamatan Jatinom, Selasa siang.

Saat ini jumlah kasus PMK di Klaten terdata ada 853 ekor suspek, dengan kasus sembuh mencapai 742 kasus. Kasus tertinggi berada di Kecamatan Jatinom mencapai 200 suspek.

Widiyanti mengatakan pada pelaksanaan vaksinasi PMK, sapi yang akan divaksin harus memenuhi kriteria, di antaranya sehat dan masa pemeliharaannya lama.

“Selain itu, di dalam satu kendang tidak ada suspek, karena sudah terbentuk antibodi sehingga tidak perlu divaksin,”paparnya.

Adapun pembagian vaksinasi  sebagai berikut, Puskeswan Jatinom disediakan 600 dosis, Puskeswan Karangnongko 600 dosis, Puskeswan Jogonalan 500 dosis, Puskeswan Trucuk 400 dosis, dan Puskeswan Kota ditambah wilayah Delanggu, Polanharjo, Wonosari, dan Juwiring sejumlah 100 dosis.

Sementara itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan Kabupaten Klaten membutuhkan sekitar 70.000 dosis vaksin PMK untuk sekali tahapan vaksinasi. Jumlah tersebut berdasarkan populasi sapi sehat yang ada di Klaten.

“Sejumlah 70.000 dosis ini untuk populasi ternak sapi saja.  Sementara untuk ternak kambing juga perlu divaksin. Ke depannya akan kami sampaikan kepada pemerintah pusat terkait kebutuhan vaksin di Kabupaten Klaten,”kata Bupati Klaten.

Sri Mulyani menambahkan kasus PMK membutuhkan penanganan yang masif mengingat penyebarannya sangat cepat ditambah jumlah populasi ternak di Klaten cukup banyak. Dengan demikian dibutuhkan koordinasi yang tepat antara Pemerintah Daerah, Balai Besar Veteriner, hingga peternak.

“Dalam rangka Hari Raya Idul Adha, para peternak dan para pengusaha juga tentunya. Dengan adanya vaksin ini akan lebih tenang bahwa sapi-sapi atau hewan ternak yang ada di Kabupaten Klaten maupun secara nasional bahwa dengan adanya vaksinasi ini kondisinya sudah lebih sehat, atau kekebalan tubuhnya sudah lebih bagus karena virus PMK ini sangat cepat sekali penularannya sehingga butuh vaksin dengan kapasitas yang besar,” ungkapnya.

 

Ditulis oleh Ang/Kominfo-klt

Editor : ksd

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar