Search

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2023 Diteruskan Pemusnahan Miras

BERITA KLATEN – Polres Klaten melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi Tahun 2023 di Lapangan KSDC Mapolres Klaten, Senin (17/4/2023).

Apel gelar pasukan operasi ketupat candi 2023 diikuti semua satuan kepolisian Polres Klaten, Kodim, Dishub, Dinas Kesehatan, KORPRI, Satpol PP, Damkar, RAPI, ORARI, PMI, Pramuka Saka Bhayangkara, dan instansi lainnya yang terkait.

Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya bertindak sebagai pimpinan  apel gelar pasukan tersebut. Amanat Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo  dalam sambutannya antara lain  mengatakan lonjakan pemudik lebaran tahun 2023 diperkirakan akan mengalami kenaikan 45% dibandingkan lebaran tahunn2022 lalu. Tahun 2022 lalu ada arus pemudik berjumlah sekitar 86 juta pemudik,  kemudian tahun 2023 ini berdasarkan survey  pemudik akan mencapai 130 juta.  Karena itu perlu pengelolaan yang matang.

Mengenai pemusnahan minuman keras (Miras), Kapolres Klaten AKBP  Eko Prasetyo mengatakan Miras yang dimusnakan ini hasil operasi penyakit masyarakat (Pekat) berupa miras dari bulan  Januari hingga tanggal 15 April 2023 ini.  Hasil operasi pekat berhasil menyita munuman keras berupa ciu sejumlah 9.479 botol, jenis bir ada 2.488 botol, anggur 2.279 botol,dan  minuman vodka 23 tahun. Keselurahan ada 14.269 botol.

Pemusnahan miras dilakukan Forkopimda, dan unsur Ormas.  Wakil Bupati Yoga Hardaya juga ikut melemparkan miras ke arah stom wales  penghancur miras. Selanjutnya diikuti pejabat Pimpinan Daerah Kabupaten Klaten laiinnya.

Menurut Kapolres Klaten, Polda Jawa Tengah minta Polres Klaten untuk mengirim miras 2.000 botol untuk dimusnakan di Polda Jawa Tengah pada hari Senin  ini juga.

AKBP Eko Prasetyo  menambahkan, Polres Klaten mempunyai program Romadon wajib awan dan tertib (Roaktif), kegiatannya adalah 1.Polisi  sowan pada traweh, 2.Polisi sowan  sholat Jumat, 3.celengan Romadhon untuk beli takjil, 4.Ayo ngaji bareng, 5. Bhakti Sosial, dan 6.Jogo Klaten selama 24 jam.  Dengan program itu Polres Klaten berhasil mengurangi angka kriminalitas. Penjual Miras juga  berkurang

Dalam kesempatan itu Pejabat Dinas Kesehatan dr Anggit  Budiarto menjelaskan bahwa Dinas Kesehatan terlibat melayani kesehatan di bulan Romadon hingga lebara  bagi pemudik mulai tanggal 17 April sampai denagan tanggal 1 Mei 2023. Layanan dilakukan di Puskesmas dan Rumah Sakit.

Dokter Anggit juga mengingatkan agar tetap menjaga protokol kesehatan. Karena di Kabupaten Klaten ada 7 kecamatan terkena covid. Angka warga kena Covid ada 35 orang. Beberapa hari lalu ada 31 yang terkena Covid. Karena itu dr Anggit berpesan agar warga tetap menjaga protokol kesehatan. Bila badan merasakan gejala Covid agar memeriksakan badan.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar