Search

ASCI Ke-6 Sebagai Media Siapkan Kader Persyarikatan, Kader Umat, Dan Kader Bangsa

BERITA KLATEN — Aisyiyah Students Competition Indonesia ( ASCI ) Ke -6 tahun 2022 yang dilaksanakan di Klaten tanggal 19 – 22 Desember 2022 di Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro Klaten, berakhir hari Kamis (22/12/2022).

Ketua Kwartir Wilayah (Kwarwil) Pandu Hizbul Wathan ( HW ) Jawa Tengah, Sukasno menyampaikan bahwa ASCI ke-6 tahun 2022 ini adalah salah satu kegiatan yang diprakarsai oleh Ikatan Guru Aisyiyah Seluruh Indonesia (IGASI) sebagai kegiatan silaturahmi Sekolah dan Madrasah Aisyiyah baik di tingkat SD/MI, dan SMP/MTs di seluruh Indonesia bekerja sama dengan Kwarpus dan Kwarwil Pandu HW yang diisi dengan perkemahan dan berbagai lomba Pandu HW.

Nama kegiatan ini menurut Sukasno adalah ASCI ke-6 Tahun 2022 yang sebelumnya disebut dengan Athfal Competition Indonesia atau disingkat ACI dan sudah dilaksanakan selama lima kali.

“Dinamika, dan evaluasi terus dilakukan terhadap kegiatan ini karena sudah menjadi daya tarik yang kuat bagi semua Sekolah atau Madrasah Aisyiyah di seluruh Indonesia dan tercatat tidak kurang dari 1.300 peserta yang mengikuti kegiatan ini maka sekarang namanya menjadi Aisyiyah Students Competition Indonesia (ASCI) yang kali ini diselenggarakan di Klaten,” katanya.

Menurut Sukasno dengan pertimbangan di atas, maka kegiatan yang dikemas dengan model perkemahan di Klaten yang ke-6 ini sekaligus untuk mensosialisasikan dan membumikan nama Aisyiyah, maka IGASI sepakat mengganti nama dari Athfal Competition Indonesia ( ACI ) menjadi Aisyiyah Students Competition Indonesia ( ASCI ).

“Pelaksanaan ASCI yang ke-6 tahun 2022 ini mengambil tema “Menjunjung Kemuliaan Akhlaq, Menguatkan Semangat Gerakan, Mendidik dengan Hati dan Ceria” dengan harapan kegiatan ini menjadi sarana untuk menyiapkan kader persyarikatan, kader umat,dan kader bangsa,” katanya.

Kegiatan dilaksanakan di Dodiklatpur (Komando Pendidikan dan Latihan tempur) Jalan Kesatrian No.1, Depo, Glodogan, Kecamatan Klaten Selatan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mulai dari hari Senin sampai dengan hari Kamis,  tanggal 19 – 22 Desember 2022.

Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak dari Sekolah Dasar Aisyiyah se Indonesia. SD Aisyiyah Full Day Wedi dan SD Aisyiyah Prambanan Klaten selain sebagai tuan rumah juga sekaligus menjadi bagian dari Sekolah Aisyiyah yang ikut serta dan berpartisipasi mengikuti kegiatan ini dengan mengikutkan siswa-siswinya berkompetisi dalam kegiatan ASCI ini.

Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah ( PDA ) Majelis Dikdasmen Kabupaten Klaten, Hj Istikomah mengatakan bahwa kegiatan ASCI yang ke-6 tahun 2022 ini menjadi momentum penting bagi SDA Full Day Wedi dan SDA Prambanan Klaten sebagai tuan rumah.

“Kegiatan ini menjadi momentum penting bagi penyelenggara dan pengelola SDA Full Day Wedi dan SDA Prambanan untuk menjadi tuan rumah yang baik dan berkompetisi secara sehat,” katanya.

Ketua PWA Majelis Dikdasmen Provinsi Jawa Tengah, Hj Nuraini  menyambut baik dan mengapresiasi yang tinggi dengan dilaksanakannya ASCI ke-6 tahun 2022 ini di Klaten Jawa Tengah.

“ASCI ini bagian dari upaya kita menyiapkan kader persyarikatan, kader umat, dan kader bangsa. Karena anak-anak yang dikirim mengikuti kegiatan ini adalah anak-anak pilihan dari sekolah masing- masing,”ungkapnya menegaskan.

 

Penulis: Moch.Isnaeni

Editor: ksd

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar