Search

Banyak Pesona Di Wisata Rowo Jombor

BAYAT (BK). Bagi pecinta wisata  desa, tidak lengkap kalau belum  mengunjungi wisata alam di Rowo Jombor yang berada di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Karena di wisata Rowo Jombor banyak ditemukan pesona alam yang menyenangkan.

Pemandangan air di Rowo Jombor yang membentang seluas 198 hektar, kedalaman  air  mencapai 4,5 meter, dan  dapat menampung air mencapai 4 juta meter kubig.  Ini yang  menjadikan faktor  Rowo Jombor  mempesona.  Setiap hari  di Rowo Jombor  ada orang yang melakukan  aktifitas.  Ada  yang memancing sekedar untuk santai-santai saja. Namun juga ada orang yang memancing di Rowo Jombor memang  untuk melakukan pekerjaan  sehari-hari untuk mendapatkan nafkah dari hasil mancing ikan. Bedanya, orang yang  melakukan mancing di Rowo Jombor hanya untuk santai  maka cara mancing tidak ada perasaan penuh semangat. Mereka  hanya duduk di bawah pohon yang rindang.  Tidak  berharap segera  berhasil dapat  ikan yang dipancingnya. Sedangkan orang yang mancing ikan untuk mencari napkah  terlihat cara mancingnya nampak penuh semangat. Ada orang  cara mancing dengan turun di dalam air Rawa Jombor yang dalamnya mencapai dada.

Pemandangan orang yang sedang mancing ikan jenis nila cukup mengasyikkan.  Yang melakukan aktifitas mancing ikan di Rowo Jombor ada anak usia remaja, usia pemuda, juga ada yang sudah usia dewasa.  Salah seorang pemancing dari Jogonalan  Jono, ia biasa pergi mancing ikan di Rowo Jombor tiap hari Jumat atau Sabtu.  Baginya pergi mancing hanya untuk hiburan saja. Sewaktu mancing ikan tidak berharap banyak untuk dapat  memperoleh ikan. Hal itu ia  kemukakan ketika ditemui sedang mancing di Rowo Jombor, Sabtu (19/3) siang. Hal senada juga  dituturkan oleh  Hari dari Wedi pada hari yang sama, namun titik posisi tempat mancing berbeda.

Selain  melihat orang yang mancing ikan, di tengah Rowo Jombor juga ada orang sedang menjala ikan di kerambanya. Mereka yang menjala ikan di keramba berarti mereka merupakan warga yang  tinggal di sekitar Rowo Jombor.  Mereka menuju ke keramba  menggunakan gethek dari bambu.  Setelah sampai di dalam keramba kemudian menjala ikan nila   yang ada di keramba. Warga di  sekitar Rowo Jombor, Desa Krakitan budi daya ikan dengan cara  keramba merupakan pekerjaan harian.

Dua orang sedang mancing ikan nila di pinggir Rowo Jombor sembari duduk di bawah pohon talok. (p.kus)
Dua orang sedang mancing ikan nila di pinggir Rowo Jombor sembari duduk di bawah pohon talok. (p.kus)

Banyak warga  di sekitar Rowo Jombor  yang berusaha warung apung di Rowo  Jombor. Warung apung yang  didirikan di Rowo Jombor  cukup banyak jumlahnya. Di warung apung orang jualan  makanan dari ikan nila maupun jenis ikan lainnya.  Menunya ikan  macam-macam, ada ikan yang digoreng, dibakar, maupun  menu ikan lainnya.  Warung-warung apung di Rowo Jombor setiap hari buka. Kalau hari-hari biasa yang datang di warung apung tidak begitu banyak.  Tetapi di hari Minggu maupun hari besar banyak orang  meluangkan waktu untuk menikmati wisata desa di Rowo Jombor.

Bila ingin mengelilingi Rowo Jombor jalannya  juga bagus. Kondisi jalan sudah diaspal halus, lebar jalan tanggul Rowo Jombor 12 meter, dan tanggul keliling Rowo Jombor sejauh 7,5 km.  Dengan mengendarai mobil apa lagi sepeda motor tidak akan  kesulitan bila berpapasan. Pada hari Sabtu, malam Minggu juga banyak orang rekreasi di Rowo Jombor. (ksd)

Seorang memancing ikan turun masuk di Rowo Jombor, (p.kus)
Seorang memancing ikan turun masuk di Rowo Jombor, (p.kus)
Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar