Search

Bersama Mahasiswa KKN TIM II Undip Mengenal Lebih Dekat Metode Akupressure.

(Klaten, 18 Juli 2024). Sehat secara holistik berarti kondisi individu dengan keseimbangan pikiran, fisik, dan jiwa sehingga, penyakit dapat diminimalkan. Akupresur merupakan salah satu metode terapi komplementer atau pengobatan holistic karena, terapi ini mempengaruhi individu secara menyeluruh, yaitu mengintegrasikan pikiran, badan, dan jiwa.

Mahasiswa KKN TIM II Undip melakukan edukasi dan implementasi beberapa titik akupresur kepada Kader Kesehatan Desa Turus sebagai tindakan utama untuk mengatasi keluhan pada tubuh. Akupresur dilakukan dengan pemijatan pada titik tertentu di permukaan tubuh. Titik-titik yang dijelaskan kepada Kader Kesehatan Desa Turus salah satu diantaranya adalah titik-titik untuk mengurangi sakit kepada, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mengurangi nyeri pinggang.

Kader Kesehatan Desa Turus dan Bidan Nanik selaku Bidan Desa Turus antusias dalam mendengarkan dan mempraktikkan titik akupresur yang dipaparkan oleh Mahasiswa KKN TIM II Undip. Diharapkan metode ini dapat disebarluaskan kepada Warga Desa Turus, sebab akupresur mudah untuk dilakukan oleh kader kesehatan dan mudah pula untuk diedukasikan kepada warga desa.

Penulis : Ariefira Puji Three
Dosen Pembimbing Lapangan : Prof. Dr. Eng. Agus Setyawan, S.Si., M.Si.
Alfabetian Harjuno Condro Hadi, S.Pi., M.Si.
Riandhita Eri Werdani, SMB, MSM

Lokasi KKN : Desa Turus, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar