BPIP Ajak FKUB Untuk Gotong Royong Membumikan Pancasila

BERITA KLATEN – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyelenggarakan Program Sosialisasi Pancasila dengan mengambil tema Gotong Royong Membumikan Pancasila di Gedung Wongso Menggolo Convention Centre Ngaran Mlese, Ceper, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu (10/8/2022).

Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP Elfrida Herawati Diregar,  mengatakan kegiatan ini dilaksanakan atas kerja sama Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia ( DPR RI ), BPIP, dan FKUB Kabupaten Klaten.

Menurutnya nilai-nilai luhur bangsa Indonesia saat ini perlu dirawat dari generasi ke generasi sehingga tidak punah oleh zaman. Selain itu menurutnya perlu dibentuk persatuan dan kesatuan, bergotong royong membentengi ideologi negara tersebut, salah satunya melalui tokoh- tokoh agama yang tergabung di FKUB dan PKUB Kabupaten Klaten.

“Negara ini dibentuk agar kita bersatu dengan keanekaragaman yang ada berbagai bahasa, agama, suku, adat, dan kekuatan tiap-tiap komponen bangsa dapat membangun Klaten yang maju mandiri dan sejahtera berdasar Pancasila dengan bergotong royong,” ujar Elfrida.

Dirinya juga berharap adanya FKUB dan PKUB Kecamatan dan Desa/ Kelurahan, dan BPIP memiliki  semangat persatuan antara rakyat yang satu dengan yang lainnya sehingga nantinya menjadi “rumah” bagi seluruh pihak dalam upaya pembinaan ideologi Pancasila di Daerah.

“Pemerintah memiliki kekuatan politik, akademisi memiliki kekuatan ilmu pengetahuan, pelaku usaha memiliki kekuatan ekonomi, media memiliki kekuatan akses informasi dan masyarakat memiliki kekuatan sosial, maka dari itu menjadi kekuatan besar bagi kita untuk mewujudkan program ini,”tutur Herawati berharap.

Dalam kesempatan yang sama anggota DPR RI Komisi II Mohammad Toha mendorong FKUB se Indonesia yang merupakan bagian dari komponen bangsa kini menjadi corong untuk terus melakukan pengarusutamaan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat, terutama di Klaten.

“Jejaring melalui FKUB dan PKUB dimaksudkan untuk menyediakan wadah bagi stakeholder penting dan strategis dalam upaya pembumian ideologi Pancasila hingga ke pelosok tanah air,”ajak Mohammad Toha.

Ia juga berharap melalui strategi ini merupakan titik tumpu awal untuk terus berkomitmen dan konsisten dalam membumikan nilai-nilai Pancasila di Kabupaten Klaten.

“Dalam kegiatan sosialisasi kita formulasikan langkah strategis yang dapat kita laksanakan sehingga dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Semoga dapat kita rumuskan bersama agar FKUB dan PKUB di Klaten dapat membumi dan dilaksanakan,” ajak Mohammad Toha.

Ketua FKUB Kabupaten Klaten Syamsuddin Asyrofi berharap kegiatan ini bukan hanya sekedar wacana melainkan ada tindak lanjut dari DPR RI Komisi II, BPIP, FKUB, dan insan media untuk mewujudkan kerukunan di masyarakat.

Hadir dalam  sosialisasi Pancasila tersebut antara lain Ketua FKUB Provinsi Jawa Tengah KH Taslim Syahlan, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo, Kepala Kesbanglimas Sugeng H, dan Pejabat OPD Klaten lainnya.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, dalam sambutannya antara lain mengatakan agar melestarikan, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam kehidupan sehari-hari.

Peserta sosialisasi Pancasila di Wongso Manggolo antara lain Ketua dan Sekretaris PKUB desa/kelurahan, FKUB kecamatan, dan juga mengundang Ketua FKUB se Solo Raya.

Ditulis oleh: Moch. Idnaeni

Editor: ksd

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

DomaiNesia