Search

Buku Kecil, Dampak Besar: Penerapan Media Booklet Untuk Praktik Pengelolaan Sampah Berkelanjutan

Klaten (10/07/2023) – Dewasa ini, sampah merupakan salah satu permasalahan kompleks yang hingga kini masih terus hadir di tengah kehidupan manusia. Jumlah limbah di masyarakat terus menumpuk setiap harinya, bergerak dinamis sejalan dengan pertambahan angka penduduk. Kedua hal ini saling berkaitan antara satu sama lain karena ketika jumlah penduduk bertambah, secara otomatis juga berdampak pada barang-barang yang mereka konsumsi yang kemudian menjadi sampah. Bila dibiarkan terus menerus tanpa ada upaya tertentu untuk meminimalisir, permasalahan ini dapat berkembang mulai dari munculnya berbagai penyakit hingga bencana alam. Tentu hal ini patut mendapat perhatian khusus dari masyarakat luas agar tidak semakin memburuk demi kehidupan yang lebih baik di masa depan. Hal semacam ini seringkali kami temukan di kawasan Cetan di mana banyak sampah berjatuhan di jalan karena keterbatasan tempat sampah dan bak pembuangan sampah yang seringkali terlalu penuh. Ini kemudian menjadi hambatan tersendiri bagi masyarakat karena jumlah tempat sampah yang masih sangat sedikit di wilayah tempat tinggal mereka.

Berangkat dari situasi seperti diatas, kelompok KKN Tim II UNDIP 2023 berinovasi untuk mengatasi atau setidaknya meminimalisir persebaran limbah di kawasan Cetan dengan membuat program pembuatan booklet pengelolaan sampah. Metode program yang kami jalankan ditempuh dengan mengedukasi masyarakat Cetan bahwa dari sampah rumah tangga yang sehari-hari tercipta, dapat mendatangkan pundi-pundi. Di dalam booklet ini akan terlebih dahulu menjelaskan pengertian sampah dan berbagai klasifikasinya berdasarkan asal sampah. Kemudian, booklet pengelolaan sampah ini juga berisi produk-produk sederhana yang dapat tercipta dari limbah domestik seperti contohnya bungkus minuman saset, bungkus detergen, dan sebagainya untuk kemudian diolah menjadi benda yang berguna. Selain itu, booklet ini juga membahas terkait berbagai dampak yang disebabkan dengan adanya sampah yang menumpuk dan betapa tidak sehatnya hal semacam ini.

Dengan demikian, luaran yang diharapkan dengan adanya program distribusi booklet tentang pengelolaan sampah ini adalah dapat menambah wawasan serta meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya di Desa Cetan, akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan rumah mereka dan bahwa dari limbah domestik, bila dimanfaatkan dengan baik, juga dapat mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi mereka. Selain itu, dalam jangka panjang, harapannya booklet ini berperan sebagai acuan bagi masyarakat di Desa Cetan untuk mampu memilah sampah terlebih dahulu sebelum membuang di TPA karena hal ini merupakan hal paling sederhana yang berperan untuk mendukung terciptanya upaya pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

 

Penulis: Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2023

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar