Search

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani Akan Memaksimalkan Tempat Isolasi Terpusat

BERITA KLATEN – Bupati Klaten, Sri Mulyani, menyatakan akan memaksimalkan tingkat keterisian fasilitas isolasi terpusat di Kabupaten Klaten dalam kunjungannya bersama Kapolres Klaten dan Dandim 0723 Klaten ke GOR Gelarsena pada Jumat pagi (23/07/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Klaten mengatakan pihak pemerintah daerah akan mengoptimalkan fungsi isolasi terpusat sehingga mulai hari ini akan dilakukan evakuasi dan penjemputan untuk masyarakat yang terkonfirmasi positif tanpa gejala atau bergejala ringan ke fasilitas isolasi terpusat.

Hal tersebut dilakukan dengan harapan dapat memutus mata rantai penyebaran virus di Kabupaten Klaten yang utamanya berasal dari klaster keluarga. Dengan penerapan fasilitas isolasi terpusat, pemerintah daerah, dalam hal ini tenaga medis dapat memantau kondisi kesehatan dari masyarakat yang terpapar sekaligus memastikan asupan nutrisi.

Bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di fasilitas isolasi terpusat akan mendapatkan bantuan logistik mulai dari vitamin, obat-obatan hingga makanan serta pengawasan dari tenaga kesehatan selama 24 jam penuh. Kemudian akan dilakukan pula tes PCR kepada tiap pasien yang telah menjalani 7 hari isolasi. Oleh karena itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani berharap masyarakat tidak merasa takut dan bisa bekerjasama melakukan isoman di fasilitas isolasi terpusat yang telah disediakan.

Sri Mulyani menambahkan bahwa tiap kecamatan sudah diminta untuk mengirimkan pasien dari wilayah masing-masing. Kegiatan tersebut akan terus dilakukan secara bertahap hingga fasilitas isolasi terpusat di Kabupaten Klaten terisi penuh. Selain itu sosialisasi terkait PPKM Level 4 dan protokol kesehatan juga gencar dilakukan.

Di kesempatan yang sama, Kapolres Klaten, Edy Suranta Sitepu, menyatakan pihaknya telah menyiapkan 500 lebih personel yang terdiri dari 2 SSK dari Brimob dan Polda Jateng serta anggota Polri untuk mendukung kegiatan tersebut. Selain melakukan penjagaan, pihak Polres juga menyiapkan unit untuk evakuasi, penertiban keliling dan penyemprotan disinfektan di daerah berzona merah. Mengingat jumlah kumulatif kasus positif di Kabupaten Klaten berada di angka 4.000.  Kapolres Klaten berharap isolasi terpusat bisa menjadi salah satu solusi yang efektif untuk diterapkan.

Selanjutnya, Dandim 0723, mengatakan bahwa akan ada tambahan 1 kompi TNI untuk membantu proses pelaksanaan PPKM level 4 di Kabupaten Klaten. Kompi tambahan tersebut nantinya akan membantu percepatan proses evakuasi dari isolasi mandiri ke isolasi terpusat.(ksd/humas rest)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar