Search

Da’i Kamtibmas Punya Peran Penting Jaga Kondusifitas Masyarakat

BERITA KLATEN – Kapolres Klaten AKBP Warsono,  mengatakan  Dai Kamtibmas memiliki peran penting ikut serta dalam mewujudkan kondusifitas masyarakat. Hal tersebut disampaikan Warsono saat Polres Klaten menggelar silaturahmi dan pembinaan Da’i Kamtibmas di Aula Satya Haprabu, Rabu (20/9/2023).

Kegiatan yang dihadiri sejumlah 260 Da’i Kamtibmas Kecamatan dan 40 Dai Kamtibmas Kabupaten Klaten ini dipimpin langsung Kapolres Klaten AKBP Warsono  dan dihadiri PJU Polres Klaten, Kapolsek  jajarannya.

“Kegiatan silaturami dan pembinaan Dai Kamtibmas ini dimaksudkan untuk memperkuat sinergitas dan kerjasama antara Polres Klaten dengan Da’i Kamtibmas dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” katanya.

Kapolres Klaten juga memberikan apresiasi kepada para Da’i Kamtibmas Polres Klaten yang telah meluangkan waktu untuk hadir dalam kegiatan silaturahmi dan pembinaan Dai Kamtibmas Polres Klaten ini.

“Kami sangat berharap pertemuan seperti ini tetap terjalin agar komunikasi kita berlangsung secara bersinambungan,” kata Kapolres Klaten saat memberikan sambutan.

Menurut Kapolres Klaten, Da’i Kamtibmas mempunyai peran yang sangat besar sebagai penyejuk dan ikut serta dalam mengedukasi masyarakat tetap menjaga kondusifitas, dan menjaga keteriban masyarakat.

“Para tokoh agama dan tokoh masyarakat diharapkan dapat membantu tugas  kepolisian terutama di fungsi preemtif dan preventif,” katanya.

Kapolres Klaten juga berharap pada segenap lapisan masyarakat khususnya para kyai dan ulama sebagai Da’i Kamtibmas untuk selalu bersinergi memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di wilayah kabupaten klaten.

“Kami tidak mampu memikul amanat ini tanpa bantuan semua pihak termasuk para Kiai dan Ulama yang tergabung di Da’i Kamtibmas ini,” katanya.

Terkait pemilu serentak 2024, Polres Klaten juga memerlukan dukungan seluruh elemen masyarakat agar gelaran demokrasi tersebut berjalan damai dan kondusif.

“Disinilah peran penting para Dai Kamtibmas dalam menyampaikan nilai-nilai agama yang humanis serta menjadi filter atau penyaring informasi-informasi yang belum jelas sumbernya,” katanya.

Lebih lanjut Kapolres Klaten berkomitmen untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan penuh dedikasi dan transparan saat Pemilu 2024 yang akan datang.

“Kita tahu bahwa pada tahun 2024 bangsa Indonesia akan menyelenggarakan pesta demokrasi/Pemilu tentunya kami berkomitmen tetap netral dan profesional dalam melaksanakan tugas,”pungkasnya.

Sementara itu Ketua Dai Kamtibmas Klaten KH. Syamsuddin Asyrofi menyampaikan arahannya tentang tugas dan peran penting Dai Kamtibmas di masyarakat.

“Antara iman dan aman tidak boleh pilih salah satu karena untuk menjadikan seseorang beriman butuh keamanan,” ujarnya.

Dikatakan bahwa tugas menjaga kondusifitas masyarakat bukan saja menjadi tugas aparat kepolisian, tetapi para Dai Kamtibmas juga mengemban tugas itu.

“Kolaborasi dan sinergitas polisi dan Dai kamtibmas insyaallah dapat mewujudkan masyarakat yang damai, aman, dan kondusif,” tutur Syasuddin.

 

Penulis : Moch.Isnaeni

Editor : ksd

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar