Search

Desa Bugisan Di Klaten Termasuk 50 Besar ADWI Tahun 2022

Masuk 50 Besar ADWI 2022, Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Bugisan

BERITA KLATEN – Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan,  Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, termasuk 50 besar  Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) di tahun 2022 ini, karena itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Desa Bugisan, Jumat (1/7/2022) kemarin.

“Saya mengucapkan selamat, di desa wisata Bugisan ini menembus 50 besar hari Jumat tanggal 1 Juli 2022 ini masuk desa wisata yang menerima anugerah.

Ia menyebut daya tarik desa wisata Bugisan adalah Candi Plaosan atau Candi Kembar yang memiliki filosofi mengenai percintaan. Ia menyampaikan produk eco print milik Desa Bugisan memiliki kualitas baik dan patut diperkenalkan lebih luas dengan melalui program gerakan nasional bangga buatan Indonesia.

Selain itu, Ia mengapreasiasi alat musik pring sedapur buatan Ki Sutikno dan ia terpukau dengan kearifan lokal seperti bank sampah.

Ia berharap karena desa wisata Bugisan termasuk ekosistem pengembangan kawasan sub prioritas Candi Borobudhur, ini menambah wisatawan untuk datang ke Kabupaten Klaten terutama di desa wisata Bugisan.

“Saya melihat di desa wisata Bugisan ini menjadi klaster percontohan 1,1 juta pembukaan lapangan kerja baru yang berkualitas berbasis komunitas yang ada di pedesaan. Sehingga kekuatan masyarakat untuk bangkit kembali pasca pandemi kita bisa wujudkan, kita realisasikan dan target 2024 penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas,”tutur Sandiaga S Uno.

Menparekraf didampingi Bupati Klaten, Sri Mulyani, Kepala Desa Bugisan dan jajaran menyambangi semua produk asli di desa wisata Bugisan mulai dari jamu, eco print, seni kriya ukir batu, dan menyaksikan tradisi perebutan gunungan sayur, pring sedapur, sekolah aksara jawa, dan tarian asli Bugisan.

Saat ditemui, Bupati Klaten Sri Mulyani mengucapkan rasa syukurnya karena desa wisata Bugisan masuk 50 besar ADWI 2022.

“Kedatangan Pak Menteri Sandiaga S Uno menambah semangat kami, untuk mengembangkan desa wisata yang ada di Kabupaten Klaten,”ungkap Sri Mulyani.

Ia mengatakan, Desa Wisata Bugisan beda dengan desa yang lainnya. Karena satu-satunya desa wisata yang terdapat bangunan megah Candi Kembar atau Candi Plaosan.

“Semoga Desa Wisata Bugisan ini masuk dalam nominasi yang lebih kecil lagi. Sehingga bisa mengangkat pariwisata yang ada di Kabupaten Klaten,”ujar Sri Mulyani.

Akhirnya semoga desa wisata Bugisan tidak hanya masuk 50 besar ADWI 2022 tetapi akan menjadi Kampung Berseri Astra.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar