Search

Desa Pakahan Gelar Seni Budaya Untuk Sonsong Hari Ibu

BERITA KLATEN – Sejumlah 225 wanita di Desa Pakahan, mementaskan seni budaya tari gambyong untuk menyongsong Hari Ibu di Lapangan Kalibajing, Desa Pakahan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Minggu (18/12/2022).

Kepala Desa Pakahan Markum Darokah, ditemui di sela-sela menikmati pentas seni budaya, ia mengatakan pentas seni budaya untuk menyongsong Hari Ibu pada tanggal 22 Desember dipromotori oleh PKK Desa Pakahan.  Tiap rukun warga (RW) mengirimkan sejumlah 15 wanita untuk ikut bergabung melakukan tari gambyong secara massal.

Markum Darokah mengungkapkan dengan semangat Kiprah Ibu Penuh Kasih, untuk nguri-nguri Kabudayan Jawi,  antara lain tari gambyong secara massal, pentas kethoprak anak dengan lakon Dumadosing Dusun Kalibajing (Ki Hajar Bajing), pemainnya sebagian siswa SD Negeri Pakahan,  tari-tarian anak, dan geguritan anak.

Lebih lanjut Kades Pakahan, Markum Darokah mengatakan terlaksananya Pentas Seni Budaya Pemerintah Desa Pakahan/PKK Desa Pakahan  bekerja sama dengan Program MBKM ISI Jogyakarta, dan dapat dukungan para sponsor. Menurut Markum Darokah mahasiswa ISI Jogyakarta sedang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) selama 30 hari di Desa Pakahan.

Pentas Seni Budaya di Lapangan Kalibajing, Desa Pakahan disaksikan oleh warga Desa Pakahan, dan juga oleh warga dari luar Desa Pakahan. Menurut Markum Darokah masyarakat yang menonton Pentas Seni Budaya di Lapangan Kalibajing tidak dipungut beaya, alias gratis.

Nampak tamu yang hadir adalah Ketua Penggerak PKK Kecamatan Jogonalan Ny Sutopo, Korwil Pendidikan Kecamatan Jogonalan Sugeng Irianto, dan tamu undangan lainnya.

Kades Pakahan Markum Darokah, dengan adanya Pentas Seni Budaya ia berharap Desa Pakahan 30 tahun yang lalu pernah jaya nguri-nguri kabudayan jawa dengan menampilkan tarian tradisional, pentas kethoprak, pentas wayang orang, dan jathilan. Dengan adanya   pentas seni budaya akan kembali mulai nguri-nguri  kabudayan Jawa lagi.  Desa Pakahan akan kembali lagi mementaskan seni budaya secara rutin di bulan tertentu.

Untuk memeriahkan Pentas Seni Budaya juga ada pembagian door prize secara diundi.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar