Search

Dies Natalis UNWIDHA Ke-53 Dimeriahkan Berbagai Kegiatan

BERITA KLATEN – Kegiatan dalam rangka merayakan Dies Natalis UNWIDHA Ke-53 diadakan lomba digital diikuti seluruh civitas akademika, ialah mahasiswa, dosen, karyawan, dan umum yang diikuti siswa SMA dan SMK di Klaten, Jawa Tengah.

Demikian diungkapkan Ketua Panitia Dies Natalis UNWIDHA Ke-53, Dr Purwo Haryono MHum pada para wartawan di halaman Kampus UNWIDHA seusai dilaksanakan jalan sehat kurang lebih menempuh jarak sejauh 3 km, Sabtu (17/12/2022).

Lebih lanjut Purwo Haryono menuturkan, ada lomba masak bagi mahasiswa, juga ada diadakan book fair, work shop penulisan artikel ilmiah, pengelolaan journal, dan jalan sehat yang dilaksanakan hari Sabtu ini.

Untuk pengelolaan mahasiswa sejak awal berdiri semakin lama semakin berkembang baik. Tahun perkulihan 2022/2023 mahasiswa yang masuk di UNWIDHA ada 800-an mahasiswa baru untuk berbagai program study. Ke depan akan ada penambahan program study baru, yang mengarah sarjana terapan, dari program diploma.  Mahasiswa yang berasal dari Klaten semakin bertambah. Mahasiswa dari luar Kabupaten Klaten juga ada.

“Mengenai pengelolaan mahasiswa, sejak berdirinya Universitas Widya Dharma (UNWIDHA) semakin baik. Tahun kuliah 2022/2023 ini ada 800 mahasiswa baru yang masuk UNWIDHA. Jadi banyak lulusan SMA/SMK yang tertarik masuk UNWIDHA,”tutur Purwo Haryono.

Rektor UNWIDHA, Prof  Dr Triyono MPd ketika menjawab pertanyaan wartawan mengenai pengembangan program study, Triyono mengatakan sejalan dan seiring kemampuan sumber daya manusia (SDM) di UNWIDHA sekitar 2 atau 3 tahun akan menambah 5 Doktor sebagai dosen ekonomi, sehingga nanti dapat membuka study program  ekonomi S2.

Upaya yang akan dilakukan adalah menggejot peningkatan jabatan fungsional. Sehubungan Kementerian Pendidikan Dan Riset memperlakukan ketentuan ketat pelaporan kinerja dosen.  Triyono menjelasakan tiap 3 tahun dosen menulis artikel yang dimuat journal internasional. Dosen mesti mengembangkan kemampuannya. Dikatakan juga rektor kepala harus menulis artikel dimuat di Journal Internasional. Untuk menulis artikel  yang dapat dimuat di Journal Internasional tidak mudah. Malahan agar artikel  dapat di muat perlu bayar kisaran Rp10 juta. Karena banyak dosen yang ingin tulisan artikelnya dimuat.

Triyono menjelaskan, ke depan program study akan dirampingkan, hanya ada 3 fakultas, ialah FKIP, Fakultas Ekonomi dan Psikologi, Fakultas Teknologi dan Komputer, serta Program Vokasi dari program diploma yang ditarik ke Program Vokasi.

Ketua Yayasan Pendidikan Klaten, Dr Basuki MM menjawab pertanyaan wartawan mengenai sejauh kinerja Dosen dan Karyawan UNWIDHA  sekarang, Basuki mengatakan Tri Dharma Dosen dan Karyawan UNWIDHA sudah bekerja baik. Untuk pengembangan Kampus UNWIDHA, bila sudah dapat mendapat ijin program study baru akan membangu  gedung baru.

Dalam kesempatan jalan sehat dalam rangka Dies Natalis UNWIDHA Ke-53 disediakan undian door prize. (ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar