Search

Diskominfo Klaten Selenggarakan Workshop Tingkatkan Kompetensi Dasar SDM Wartawan

BERITA KLATEN – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Klaten menggelar Workshop peningkatan kompetensi dasar bagi Sumber Daya Manusia (SDM) yang bergerak dibidang komunikasi publik  (wartawan)  di Resto Banyoe Oerip Klaten, Jumat (7/10/2022) malam.

Kepala Bidang Komunikasi dan Statistik Diskominfo Klaten, Totok Gantoro,  dalam laporannya mengatakan, workshop peningkatan kompetensi dasar bagi SDM di bidang komunkasi publik mengambil tema Jurnalisme lokal di era disrupsi global untuk keutuhan NKRI. Workshop diikuti sekitar 30 peserta terdiri dari 19 wartawan dari berbagai media massa dan tenaga bidang komunikasi Diskominfo Klaten.

Totok Gantoro mengungkapkan, kegiatan workshop peningkatan kompetensi dasar bagi SDM di bidang komunkasi publik menampilkan dua pembicara masing-masing pemateri pertama tenaga profesional Lemhanas RI, Dra Dwi Hemuningsih, dengan materi membangun insan jurnalistik masa kini yang berkebangsaan.

“Materi kedua disampaikan oleh Joko Priyono dengan tema Pers yang selalu berpihak kepada kebenaran dan menjunjung tinggi keadilan. Saya ucapkan terimakasih kepada para jurnalis yang sudah berkenan memenuhi undangan Diskominfo untuk kegiatan ini,”ungkap Totok Gantoro.

Tenaga profesional Lemhanas RI, Dra Dwi Hemuningsih, dalam ceramahnya mengajak para jurnalis untuk menggunakan segala kemampuannya yang dimiliki untuk menghadirkan pers yang selalu menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada masyarakat. Kemudian menghadirkan pers yang mengedukasi dan mencerdaskan masyarakat.

“Saat ini kita memasuki era tsunami informasi. Ada media sosial (medos) dan media mainstream. Kehadiran medsos yang sedemikian cepat menyampaikan informasi memang tidak bisa dipungkiri. Namun media mainstream dengan segenap kemampuannya tetap harus mampu menyuguhkan informasi yang lebih berkualitas, cek and ricek harus tetap dikedepankan,”tuturnya.

Sementara itu Joko Priyono dari Diskominfo dalam paparannya mengatakan, profesi wartawan merupakan profesi yang mulia, karena melalui tulisan para wartawan bisa membuat seseorang seketika senang, tetapi juga dapat membuat seketika sedih. Akan tetapi semoga para jurnalis Klaten mampu menghasilkan tulisan yang selalu berpihak kepada kebenaran, kejujuran, membela keadilan, dan membela nilai-nilai dasar kemanusiaan yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa.
Joko Priyono yang selama ini juga dikenal sebagai Dai mengatakan, pers masa kini adalah pers kejuangan yang teguh memperjuangkan kebenaran dan keadilan, istiqomah membersamai nilai kemanusiaan, tulus ikut memberdayaan umat manusia, dan memperkuat keutuhan bangsa. Kemudian pers yang ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, membangun peradaban manusia dan bersinergi menyejahterakan umat manusia.

Salah seorang perwakilan wartawan, Ponco Suseno dari Solo Pos mengapresiasi kegiatan workshop peningkatan kompetensi dasar bagi SDM yang bergerak di bidang komunikasi publik seperti para jurnalis. Karena dengan kegiatan semacam workshop mendapatkan berbagai tambahan ilmu dan sharing pengalaman dalam rangka menghasilkan produk jurnalistik yang berkualitas. Kegiatan workshop dimulai pukul 20.00 WIB sampai sekira pukul 22.15 WIB.

 

Ditulis oleh: Komunikasi Pimpinan Bagian Prokopim Pemkab Klaten

Editor: ksd

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar