Dokumen APBDes Seluruh Desa Kecamatan Prambanan Diserahkan Pada Bupati Klaten & BPD

BERITA KLATEN – Buku dokumen anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tahun 2023 dari seluruh desa se Kecamatan Prambanan diserahkan pada Bupati Klaten Sri Mulyani dan BPD di Pendopo Kecamatan Prambanan, Rabu (28/12/2022) siang.

Penyerahan buku dokumen  APBDes tersebut adalah acara rutin tahunan. Camat Prambanan, Puspo Enggar Hastuti adalah sebagai bentuk silaturahmi antara para Kades di Kecamatan Prambanan dengan  Bupati Klaten.

Dalam sambutannya, Bupati Klaten  Sri Mulyani mengtakan bahwa pada tahun 2023 mendatang kita harus prihatin karena penerimaan DAK, DAU  akan mengalami penurunan sehingga Alokasi Dana Desa (ADD)  yang diterima setiap desa di Kabupaten Klaten juga akan mengalami penurunan. Demikian juga dengan penerimaan Dana Desa  sebagian besar desa juga akan mengalami penurunan. Namun untuk desa-desa yang telah berstatus desa mandiri justru akan mendapatkan apresiasi dari Kementrian Desa berupa tambahan dana.

“Tahun 2023 penerimaan APBD Kabupaten Klaten dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) dari Pemerintah Pusat akan mengalami penurunan. Sehingga pagu anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) untuk desa-desa di Klaten juga akan turun. Demikian juga untuk Dana Desa, sebagian besar penerimaan dana desa untuk desa desa di kabupaten Klaten juga akan mengalami penurunan,” ungkap Bupati Sri Mulyani.

Camat Prambanan, Puspo Enggar Hastuti  menyarankan agar desa desa berusaha kuat agar menjadi desa berstatus desa mandiri dengan mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki desa untuk dikelola dan dikembangkan demi kemakmuran warga desa tersebut.

“Dengan sudah menyandang status sebagai desa mandiri, pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi akan memberikan apresiasi berupa tambahan jumlah Dana Desa yang akan diserahkan ke desa tersebut. Di Kecamatan Prambanan, Desa Kemudo adalah contoh desa yang sudah berstatus sebagai desa mandiri sehingga desa Kemudo mendapatkan “hadiah” berupa tambahan penerimaan Dana Desa,” jelas Puspo Enggar Hastuti.

Dalam acara penyerahan buku dokumen APBDes tahun 2023 tersebut juga diserahkan dana sumbangan dari seluruh elemen warga masyarakat di kecamatan Prambanan  kepada Pemerintah Kabupaten Klaten untuk diberikan kepada  korban gempa bumi di kabupaten Cianjur Jawa Barat sejumlah  Rp300.389.000,-. Bupati Sri Mulyani memberi apresiasi  mengenai penggalangan dana dari desa-desa se Kecamatan Prambanan.

Selanjutnya juga diserahkan dana santunan dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Klaten kepada ahli waris seorang pekerja penyandang Disabilitas warga kecamatan Prambanan.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

DomaiNesia