Search

DPC PDI Perjuangan Klaten Selenggarakan Festival Bakar Ikan

BERITA KLATEN – Festival Bakar Ikan Nusantara yang dilaksanakan secara serentak di Bumi Nusantara, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menyelenggarakannya di Desa Taskombang, Kecamatan Manisrenggo, Sabtu (25/6/2022).

Ketua Panitia Penyelenggara Festival Bakar Ikan Nusantara dan Sosialisasi Stunting, Aris Widiarto, dalam sambutannya antara lain mengungkapkan selamat datang pada tamu undangan.

Lebih lanjut Aris Widiarto mengungkapkan dasar penyelenggaraan Festival Bakar Ikan Nusantara dan Sosialisasi Stunting  ada 2 alasan, adalah: 1. Atas instruksi dari Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan agar membudayakan untuk mencintai kuliner makanan Nusantara yang higenis yang dapat meningkatkan kualitas generasi penerus. Sehingga anak usia dini tidak akan mengalami stunting. Kemudian alasan 2 festival bakar ikan Nusantara dan sosialisasi stunting diselenggarakan di Desa Taskombang karena Ketua DPC PDI Perjuangan Klaten memberi penghargaan Kepala  Desa Taskombang, Aris Sumarno telah berhasil memberdayakan kaum wanita (ibu-ibu) dalam mengasuh anak usia dini, dan usaha meningkatkan perekonomian lewat UMKM. Kemudian juga mendatangkan Psikolog untuk konsoltasi bagi bagi ibu-ibu.

Aris Widiarto dalam sambutannya juga mengatakan tamu yang diundang antara lain Pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Klaten, Ketua DPRD Kabupaten Klaten Hamenang Wajar Ismoyo, Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Anggota DPR Pusat Sunarno, anggota DPRD Provinsi Jateng  Hartanto,  Camat Manisrenggo Raharjo Budi S, Kepala Desa Taskombang Aris Sumarno, dan tamu undangan lainnya.

Sunarno anggota DPR Pusat yang pernah menjabat Bupati Klaten dua pereode ketika diwawancarai wartawan mengungkapkan kehadirannya di kegiatan DPC PDI Perjuangan Klaten di Desa Taskombang ini dalam rangka ikut mensukseskan dan mendukung penyelenggaraan festival bakar ikan nusantara dan sosialisasi stunting. Menurutnya masyarakat perlu membudayakan makan ikan yang higenis, yang dapat meningkatkan kualitas generasi penerus. Anak-anak usia dini agar dibiasakan makan makanan yang bergizi. Selain itu juga dilakukan penyebaran bibit ikan di embung. Adanya budidaya ikan di Desa Taskombang untuk mencukupi makan ikan di Desa Taskombang.

Aris Widiarto selaku Ketua Panitia Festival tersebut, yang juga anggota DPRD Kabupaten Klaten ketika diwawancarai seuasai menabur bibit ikan di embung, pada wartawan antara lain menuturkan  kegiatan festival bakar ikan Nusantara dan sosialisasi stunting untuk membudayakan warga makan ikan Nusantara.  Kemudian makan bareng, pesta rakyat menyatukan satu rasa dengan pemimpin. Makan ikan akan berpengaruh pada kualitas generasi muda.

Dalam kegiatan festival ini  juga penyuluhan kaum ibu mengenai stunting. Ada 20 ibu hamil di Desa Taskombang yang dihadirkan, juga ibu-ibu yang sedang menyusui  pada anak usia 0 hingga 3 tahun. Ibu-ibu muda baru saja nikah,  juga calon ibu yang sudah persiapan pernikahan. Ini semua untuk mempersiapkan pendidikan usia dini, yang dimulai sejak awal.

Untuk menyemarakan kegiatan festival bakar ikan Nusantara dan sosialisasi stunting juga dilakukan makan bersama duduk di tikar yang digelar di lapangan tepat di depan panggung pentas. Untuk menghibur hadirin juga ditampilkan penyanyi dari lokal Klaten.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar