Search

Dr R Soeharto Diresmikan Untuk Nama Ruas Jalan Gebyok – Jimbung

BERITA KLATEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten resmi menetapkan ruas jalan Gebyok hingga Jimbung dengan nama Jalan Dr. R Soeharto. Pemberian nama tersebut merupakan bentuk apresiasi dan penghormatan kepada Dr. R Soeharto.

Bupati Klaten, Sri Mulyani hadir secara langsung untuk meresmikan Jalan Dr. R Soeharto di Aula Kantor Desa Jimbung, Kalikotes, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (27/5/2022). Penamaan Jalan Dr. R Soeharto termaktub dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Klaten Nomor 662/157 Tahun 2022.  Jalan Dr R Soeharto dari Gebyok hingga Jimbung jarak panjangnya kurang  lebih  2,71 kilometer, tepatnya dari simpang empat Gebyok sampai simpang tiga Rowo Jombor.

Peresmian Jalan Dr. R. Soeharto ditandai dengan pembukaan selubung papan nama jalan oleh Bupati Klaten. Acara tersebut turut dihadiri pihak keluarga almarhum Dr. R. Soeharto dan sekaligus menerima SK penamaan ruas jalan tersebut.

Dr. R. Soeharto adalah putra asli Klaten kelahiran Desa Tegalgondo, Kecamatan Wonosari, dan dikenal sebagai dokter pribadi Bung Karno dan Bung Hatta. Oleh Pemkab Klaten dan Pemprov Jawa Tengah, nama Dr. R Soeharto diusulkan sebagai pahlawan nasional atas peran dan perjuangannya sejak berkiprah di Jong Islamieten Bond.  Kemudian menjadi pengurus besar Jong Java mengikuti Kongres Pemuda II, yang melahirkan Sumpah Pemuda. Perannya juga tercatat di Pusat Tenaga Rakyat dan peristiwa-peristiwa penting dan krusial sebelum dan pasca proklamasi kemerdekaan Indonesia, serta perannya dalam pendirian berbagai institusi penting Negara Republik Indonesia.

Bupati Klaten mengatakan, selain apresiasi, penamaan jalan ini juga sebagai bentuk upaya Pemkab Klaten untuk mendukung pengusulan gelar pahlawan nasional,  Agar Dr. R Soeharto dikenal luas oleh masyarakat, khususnya warga Klaten.

“Salah satu persyaratan pengusulan pahlawan nasional adalah namanya telah diabadikan melalui sarana monumental di daerah asal sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas.  Almarhum Bapak Dr R Soeharto ini putra asli Klaten yang lahir di Desa Tegalgondo, Wonosari, calon pahlawan nasional pertama dari Klaten,” tutur Bupati Sri Mulyani.

Seremonial penetapan nama Jalan Dr R Soeharto untuk ruas jalan mulai dari Dukuh Gebyok sampai Jimbung di Aula Kantor Desa Jimbung dihadiri Pejabat Forkopimda Kabupaten Klaten. (foto diskominfo)

 

Adapun memilih ruas jalan tersebut diberi nama Dr. R Soeharto  karena ruas jalan tersebut merupakan sambungan dari Jalan Ir. Soekarno yang telah diresmikan Pemkab Klaten sebelumnya.

Perwakilan dari pihak keluarga Dr R Soeharto Dewi Kamaratih Soeharto mengatakan, letak ruas jalan tersebut menggambarkan kedekatan ayahanda dengan pemimpin bangsa sekaligus sahabat seperjuangannya, ialah Bung Karno.

“Melalui acara ini, kami berharap dapat menjadi bagian dari pembangunan Kabupaten Klaten. Seperti nasehat Bapak Dr. R Soeharto kepada anak-anaknya agar menjadi manusia berguna, yang senang berbuat kebaikan, saling menasehati dengan kebenaran, serta bermanfaat bagi banyak orang,” papar Dewi Kamaratih. (ksd/ rilis kominfo-klt)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar