ESPERO Uji Nyali Di Arung Jeram Di Sungai Elo Magelang

BESERTA  KLATEN – Keluarga besar guru dan tenaga kependidikan  dari SMP Negeri 2 ( Espero ) Klaten, Jawa Tengah mengisi liburan dengan mengadakan kegiatan arung jeram atau rafting di sungai Elo Magelang, Selasa (27/12/2022).

Kepala SMP Negeri 2 Klaten H Ismadi mengatakan bahwa kegiatan arung jeram ini dilakukan untuk mengisi liburan sekolah sekaligus refresing.

“Kegiatan ini bersamaan dengan acara perpisahan dengan 2 orang guru Espero yang baru saja diangkat menjadi kepala sekolah yakni Subroto danTonang Juniarta,” kata Ismadi menjelaskan.

Menurutnya kegiatan arung jeram ini tampaknya menjadi salah satu wisata air yang seru, sekaligus bisa menguji nyali guru-guru dan karyawan dengan uji adrenalin mereka.

“Kita berkunjung ke Magelang tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam saja, namun juga bisa menjajal olahraga ekstrem, berupa arung jeram. Ini untuk uji nyali dan uji adrenalin,” katanya.

Menurutnya wilayah Magelang banyak sekali spot wisata air yang menyajikan spot rafting, salah satunya di Sungai Elo Magelang. Sungai yang terletak di Jurugan, Progowati, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang ini mempunyai hulu dari Gunung Merbabu dan Gunung Andong yang berhilir di Sungai Progo.

“Sungai Elo merupakan anak sungai Progo dengan klasifikasi jeram kelas II dan III. Selain itu, sungai ini juga memiliki debit air yang stabil di semua musim, sehingga aman dan cocok untuk diarungi siapapun, bahkan bagi yang belum pernah melakukan arung jerampun aman di sini,”ujarnya.

Sementara itu mantan Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan Espero yang sekarang telah diangkat sebagai kepala sekolah SMP Negeri 2 Kemalang, Subroto mengatakan bahwa arung jeram membutuhkan kemampuan dasar mengayuh dan kemampuan bermaneuver perahu untuk level kelas II. Sebaliknya, menurut Subroto untuk level kelas III membutuhkan kemampuan mengayuh karena ada gelombang kecil, bebatuan besar sampai terjunan optimal setinggi 4 m.

“Untuk kelas III ini biasanya akan ditemani pemandu yang sudah mempunyai kemampuan berstandar handal yang hendak memusatkan aktivitas seru ini,” katanya.

Seorang pemandu arung jeram di sungai Elo Magelang menjelaskan, bahwa untuk menikmati sajian adrenalin Rafting Sungai Elo Magelang sepanjang 12 km dan memakan waktu kurang lebih 2,5 jam akan semakin menyenangkan ketika bersama dengan rombongan.

“Untuk harga tiket wisata rafting Magelang saat ini kurang lebih Rp 750.000/boat dengan kapasitas maksimal 5 orang dengan satu orang pemandu,” ujar Giyanto seorang pemandu.

Dijelaskan untuk harga tiket wisata Arung Jeram Sungai Elo Magelang bisa berubah setiap waktu dan bisa nego di tempat untuk rombongan agar merasakan sensasi adrenalin Rafting Sungai Elo Magelang.

“Kami siap memberikan layanan wisata arung jeram Magelang ini buka setiap hari dengan jam operasional pukul 08.00  sampai pukul 17.00 WIB,”tuturmya.

“Jika saja ada beban pekerjaan, jadwal yang padat dan tugas kuliah yang padat bagi mahasiswa hingga jenuh dengan suasana perkotaan yang bising, maka akan hilang saat merasakan adrenalin wisata arung jeram di sini,” kata Giyanto.

Selain menikmati sensasi explore di Sungai Elo dengan aktivitas Arung Jeram, pemandangan alam yang indah juga akan mendamaikan jiwa. Jika kita ingin mengabadikan momen saat naik rafting, bisa membawa kamera dengan action sendiri ataupun menggunakan jasa fotografi.

Menjadi tempat wisata alam di Magelang yang menyajikan sensasi adrenalin ternyata Rafting Sungai Elo menyajikan beberapa fasilitas pendukung seperti: Asuransi,Welcome drink, Snack, Makan, transport dari lokasi finish ke start point, serta sertifikat, dan persewaan alat adalah dayung, boat, helm, dan pelampung.

“Liburan akhir pekan bersama teman maupun keluarga di Magelang akan semakin menyenangkan dengan menikmati sajian Rafting Sungai Elo,” kata Ismadi.

Sensasi liburan impian yang seru dan menyenangkan dengan sajian tempat anti mainstream ini bisa kita dapatkan di Sungai Elo dengan rafting.

 

Penulis: Moch Isnaeni

Editor: ksd

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

DomaiNesia