Festival Reog Berhasil Menghibur Masyarakat Klaten Yang Haus Hiburan

BERITA KLATEN –  Festival reog yang digelar dalam rangka memperingati hari jadi ke-218 Kabupaten Klaten dan HUT ke-77 Republik Indonesia menghibur ribuan warga masyarakat Klaten yang menyaksikan di sepanjang jalan protokol Kota Klaten, Jawa Tengah, Rabu (31/8/2022).

Festival reog yang startnya dimulai dari Taman Lampion, Klaten Utara berjalan menempuh jarak kurang lebih sejauh 3 kilo meter menuju panggung kehormatan yang berada di simpang lima dekat Plasa Matahari. Masing-masing kelompok reog nampak bersemangat, dan diwarnai rasa gembira mereka menari-nari di sepanjang jalan Protokol Klaten dengan dibarengi suara alunan gamelan yang membahana. Banyak warga masyarakat Klaten yang menonton di sepanjang jalan protokol Klaten nampak antausias.

Salah seorang panitia festival reog pada Berita Klaten.com mengatakan peserta festival reog jumlahnya ada 14 kelompok atau group dari wilayah kecamatan di Kabupaten Klaten. Tepat kurang lebih pukul 14.25 peserta festival reog diberangkatkan.

Ketika di tengah-tengah perjalanan sempat terganggu karena hujan turun meski tidak  deras. Tidak lama kemudian setelah hujan reda kelompok atau group reog segera mulai bergerak jalan menuju panggung kehormatan.

Di panggung kehormatan Bupati Klaten Sri Mulyani, juga Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya, dan para Pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Klaten menyaksikan seniman dan seniwati reog yang melenggang-lenggok menari reogan.

Bupati Klaten Sri Mulyani menyambut para penari reog dengan senyum gembira sambil melambaikan tangan.

Salah seorang warga dari Wedi  Klaten Yohanes, ia mengatakan merasa senang melihat hiburan festival reog. Menurut Yohanes Klaten sudah dua tahun tidak ada hiburan berupa karnaval. Maka dengan adanya hiburan festival reog ini dapat mengobati kerinduan adanya hiburan.

“Warga Klaten yang haus tontonan dengan adanya festival reog dapat mengobati kerinduan lihat tontonan. Maka adanya festival reog ini banyak warga Klaten yang datang melihat festival reog,” tutur Yohanes.

Hal senada juga disampaikan oleh salah seorang wanita muda yang menyaksikan festival reog di dekat perempatan Bareng, dekat Dealer Motor Nagamas.

Pantauan Berita Klaten.com sepanjang jalan mulai pertigaan Ngingas, Klaten Utara hingga simpang lima (proliman) dekat Plasa Matahari penuh orang yang melihat festival reog. Untuk menjaga keamanan diterjunkan anggota Polres Klaten didukung TNI. Tidak ketinggalan anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 24 Kabupaten Klaten, dan ORARI juga terlibat membantu komunikasi atau bankom.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

DomaiNesia