Search

FKUB Klaten Adakan Refleksi Akhir Tahun 2023

BERITA KLATEN – Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klaten bersama anggota DPD RI Ir Haji Bambang Sutrisno melakukan refleksi akhir tahun 2023 di Rumah Makan Semego, di Desa Ngunut, Kecamatan Tulung, Klaten, Selasa (26/12/2023).

Ketua FKUB Kabupaten Klaten Haji Syamsuddin Asyrofi, pada para wartawan yang melakukan liputan refleksi akhir tahun mengatakan perlunya mengevaluasi kegiatan FKUB yang sudah dilakukan pada tahun 2023 ini. Apa yang sudah dilakukan FKUB Kabupaten Klaten selama 1 tahun apa sudah tepat sasarannya, ini perlu dievaluasi.

Pengurus FKUB Kabupaten Klaten ada sejumlah 17 orang, 5 orang perempuan, melakukan refleksi akhir tahun 2023 melibatkan Kabag Kesra, Kepala Badan Kesbangpol, dan dari Kemenag Kabupaten Klaten.

Pada bulan November tahun 2022 FKUB Kabupaten Klaten sudah membentuk Paguyuban Kerukunan Umat Beragama (PKUB) di 401 desa/kelurahan, yang pengurusnya berjumlah 4544 orang. Selanjutnya bulan Januari hingga November 2023 FKUB Klaten menjalin kerja sama dengan Forkompimca di 26 kecamatan untuk melakukan pembinaan dan pemberdayaan pengurus PKUB kecamatan.

Haji Syamsuddin Asyrofi lebih lanjut mengungkapkan tahun 2023 ini sudah melakukan kerja sama dengan BPIP untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dan nilai-nilai budaya.

Di tahun 2023 FKUB Klaten juga sudah merintis meningkatkan sosial ekonomi. Ada 6 desa yang sudah dijalin untuk mengupayakan peningkatan sosial ekonomi.  Enam desa adalah Desa Jonggrangan, di Kecamatan Klaten Utara sebagai desa pengembangan UMKM. Perusahaan Roti milik Ibu Basuki berkeyakinan Kristen, karyawannya yang beragam keyakinannya. Desa Ceper dikembangkan usaha pertanian untuk menanam kedelai. Desa Ponggok dikembangkan  perikanan, kemudian di Prambanan akan dikembangkan agro bisnis tanaman buah dan sayur.  Desa Jatinom akan dikembangkan tradisi budaya dengan UMKM juga. Kemudian Desa Melikan, Kecamatan Wedi dapat dikembangkan industri rumah pembuatan keramik diintegrasikan dengan desa wisata produksi barang-barang keramik.

Haji Syamsuddin Asyrofi juga mengatakan akan merekomendasi untuk mendirikan rumah ibadah untuk semua agama  di Kompleks Gedung Grha Bung Karno (GBK) yang berada di jalan Bypass.  Ia juga mengusulkan Bung Karno tidak hanya Founding Father, tetapi juga Bapak Pemersatu Agama.

Dalam kesempatan FKUB Klaten merefleksi akhir tahun 2023, Haji Bambang Sutrisno yang maju sebagai DPD RI dari Provinsi Jawa Tengah akan memperjuangkan meningkatkan pendidikan. Haji Bambang Sutrisno yang asli Tulung, Klaten menyatakan siap memperjuangkan aspirasi  masyarakat Jawa Tengah. Menurutnya, memajukan pendidikan untuk menyiapkan skill bagi anak muda agar mampu bersaing di era mendatang. (ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar