Search

Fungsikan Exit Tol Di Ngawen Klaten, Polres Klaten Lakukan 4 Skenario

BERITA KLATEN  –  Polres Klaten akan melakukan 4 skenario rekayasa lalu lintas di exit tol fungsional Kabupaten Klaten selama masa mudik lebaran tahub 2024. Masing-masing skenario akan diberlakukan menyesuaikan kepadatan arus lalu-lintas yang terjadi.

“Ada 4 skenario yang kami siapkan untuk mengantisipasi arus lalu lintas masa lebaran tahun 2024. Ialah arus lalu lintas normal, arus lalu lintas ramai, arus lalu lintas padat, dan skenario ke-4 lalu lintas emergency,” ungkap Kapolres Klaten AKBP Warsono  melalui Kasi Humas AKP Abdillah, Rabu (3/4/2024).

Pada tahap arus lalu lintas normal terdapat 2 exit tol fungsional yang akan dibuka yakni, exit tol Kuncen di Kecamatan Ceper, dan exit tol di Ngawen. Exit tol fungsional yang ada di Ngawen arus lalu lintas akan diprioritaskan ke arah Gergunung.

“Apabila arus di sekitar Gergunung, Bramen, Sangkal Putung, dan jalur dalam kota bila ada peningkatan atau penumpukan maka masuk skenario kedua yaitu skenario arus lalu lintas ramai. Maka kendaraan dari exit tol fungsional Ngawen akan ditarik belok kanan ke arah lingkar utara, yakni ke arah Pasar Ngupit, Gayamprit,  kemudian ke arah Jogonalan atau Bendo Gantungan,”tuturnya.

Kemudian bila arus lalu-lintas di exit tol fungsional Ngawen padat, yang mengakibatkan Ngawen, sekitar kota Klaten, dan di lingkar utara ada penumpukan kendaraan kemudian  skenario ketiga dilakukan. Untuk mengurangi kepadatan maka petugas akan menutup jalur tol ke arah exit tol Ngawen dan kendaraan yang berasal dari tol Colomadu maupun Banyudono akan diarahkan semuanya ke exit tol fungsional Kuncen Ceper.

“Kendaraan yang sudah antri keluar di exit tol fungsional Ngawen kemudian akan dialihkan ke exit tol Karangnongko,”ungkap AKP Abdillah.

Ditambahkan Kasi Humas, apabila setelah dilakukan skenario ketiga atau pengalihan arus kendaraan ke exit tol fungsional Karangnongko masih terjadi penumpukan kendaraan maka akan masuk skenario keempat.

“Langkah terakhir yang akan dilakukan Polres Klaten apabila masih terjadi penumpukan kendaraan di tol Solo-Yogya adalah menutup tol yang menuju Klaten. Kami akan  berkoordinasi dengan petugas di Gate Colomadu dan Banyudono untuk melakukan penutupan,”kata AKP Abdillah menegaskan. (ksd/humas rest)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar