Search

Gelar Pasukan Mengawali Operasi Patuh

BERITA KLATEN – Apel Gelar Pasukan menandai dimulainya operasi Patuh Candi 2020 di wilayah hukum Polres Klaten. Apel yang dilaksanakan di halaman  Mapolres Klaten  dipimpin oleh Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu, Kamis ( 23/7/20).

Apel gelar pasukan operasi patuh diikuti personel Polres Klaten, personel Kodim 0723 Klaten, satuan polisi pamong projo (Satpol PP), dan satu pleton Dishub Kabupaten Klaten.

Kapolda Jateng Itjen Pol Ahmad Luthfi dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kapolres Klaten antara lain mengung-kapkan  bahwa Operasi Patuh Candi 2020 akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya tahun ini selain menertibkan pelanggaran lalu lintas, operasi patuh juga akan menertibkan prosedur protokol kesehatan dalam masa pandemi virus corona, atau covid-19.

Penertiban protokol kesehatan yang akan dilaksanakan bukan tanpa alasan, namun sejak masa adaptasi kebiasaan baru sebagian masyarakat mulai menjalankan kembali aktifitasnya seperti sedia kala. Dalam kondisi ini membuat lalu lintas kembali dipadati kendaraan umum dan pribadi.

Operasi Patuh Candi 2020 sendiri akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia mulai tanggal 23 Juli s/d  5 Agustus 2020. Operasi patuh ini menge-depankan upaya pencegahan dan eduka-si pada warga masyarakat. Dalam opera-si patuh ini juga akan ada tindakan, te-guran, sosialisasi, dan ajakan untuk mentaati aturan lalu lintas, serta arahan untuk penggunaan masker, aturan jaga jarak, dan pemakaian sarung tangan bagi pengendara motor.

“Tujuan mengajak warga  masyarakat supaya mematuhi protokol kesehatan adalah untuk memutus rantai covid-19,” tutur Kapolres Klaten.

Sedangkan untuk penegakan hukum terhadap para pelanggar lalu lintas tetap akan diberlakukan namun dengan porsi yang lebih kecil dibanding tahun-tahun sebelumnya. Adapun pelanggaran yang menjadi prioritas antara lain : tidak memakai helm, melawan arus, dan kelengkapan kendaraan bermotor.

Kapolres Klaten kemudian menambah-kan, bahwa kegiatan operasi tersebut akan dilaksanakan jajarannya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan terkait covid-19. Hal itu dilakukan untuk menjaga keselamatan semua pihak baik masyarakat maupun petugas itu sendiri. Kapolres menghimbau pada warga masyarakat agar selalu mematuhi aturan berkendara dan juga protokol kesehatan yang ada. Menurut Kapolres Edy Suranta Sitepu, operasi patuh pengendara motor dilaksanakan di tempat-tempat ramai, dan di kecamatan-kecamatan. Selepas upacara, dilanjutkan kegiatan latihan pra operasi (latpra ops) bagi personel yang terlibat operasi. Latpra ops  dilaksanakan di Aula Satya Haprabu Mapolres Klaten, Jawa Tengah.(ksd/tsc)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar