Gelaran Ketoprak Lakon Pethut Kali Bening Meriahkan Gantiwarno Fair

BERITA KLATEN – Dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-218 Kabupaten Klaten dan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Pemerintah Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah bekerjasama dengan Dewan Kesenian (Wankes) Kecamatan Gantiwarno menggelar pentas ketoprak dengan lakon Pethut Kali Bening atau Umbaran Winisuda, di Pendopo Kiwen, Desa Katekan, Kecamatan Gantiwarno, Selasa (30/8/2022) malam.

Camat Gantiwarno, Hj Lilis Yuliyati dalam sambutannya mengatakan, pentas ketoprak dikemas dalam tajuk Gantiwarno Fair 2022 yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti pentas Karawitan Kartika Laras Desa Katekan, pertunjukan reog Kuda Pamungkas dari Desa Jabung.

Hj Lilis Yuliyati mengatakan, pentas seni tari dari Sanggar Sekar Langit Desa Ceporan, pentas Karawitan Rasa Jati dari dari Desa Ngandong, dan pentas ketoprak gabungan dari Wankes Gantiwarno, kepala desa, perangkat desa, dan masyrakat umum.

Camat Gantiwarno, Hj Lilis Yuliyati mengucapkan terimakasih kepada semua komponen masyarakat Kecamatan Gantiwarno yang telah mendukung baik moril maupun materiil sehingga seluruh agenda untuk memeriahkan Hari Jadi ke-218 Kabupaten Klaten dan HUT ke-77 RI tingkat Kecamatan Gantiwarno berjalan sukses. Semoga kebaikan semua masyarakat Gantiwarno mendapat imbalan yang sepantasnya dari Allah SWT.

Penasehat Wankes Gantiwarno yang juga menjabat Kepala Desa Katekan, Saridi didampingi Ketua Wankes Gantiwarno, Bagas Subarno mengatakan, para sponsor untuk mensukseskan giat Gantiwarno Fair 2022 khususnya untuk pentas ketoprak adalah camat dan pegawai Kecamatan Gantiwarno, Paguyuban Kepala Desa, dan Perangkat Desa se Kecamatan Gantiwarno. Tidak ketinggalan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tingkat Kecamatan Gantiwarno seperti Puskesmas, Korwil Pendidikan, semua sekolah baik SD, SMP, dan SMA/SMK negeri dan swasta se Gantiwarno juga berpartisipasi menyokong sponsor.

Sponsor lainnya, lanjut Saridi, adalah dari BRI Unit Gantiwarno, Bank Klaten, BMT Surya Katekan, Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Gantiwarno, Notaris dan PPAT Yuliani Asmorowati.  Persewaan tenda dan alat pesta Budi, sound syestem Mbah Bowo, audio visual SMK Muhammadiyah Prambanan, Pemerintah Desa Katekan. Kemudian Anggota DPRD Klaten dari Daerah Pemilihan (Dapil) Klaten 2 yakni Aris Widiharto, Eko Prasetyo, Gigit Sugito, H Triyono, H Jumarno, Suyatmi, H Darmadi, Dalono, Widodo dan H Heru Siswandono.

“Demi suksesnya pentas ketoprak dan Gantiwarno Fair 2022, jajaran pengurus Wankes Gantiwarno juga mengadakan iuran seikhlasnya,” ujar Saridi.

Adapun para paraga ketoprak masing-masing Senopati Wito Radyo (Tulus Budiyono), Nyi Wito Radyo (Erin), Adipati Projonegoro (Sumarno Kadus Mlese), Adipati Teposono (Sumarno Gesikan), Patih Mandaraka (Sudiman Tepo Kades Gentan), Sigit Umbaran (Suwarto Muruh).

Kemudian yang memerankan Tumenggung Alap-Alap (Paidi), Adipati Ronggo Keniten (Badri Purwanto), Patih Handakapraya (Mardiyanto), Nujum Sepanjang (Suharno Muruh), Gendring (Sujiyanto), Cluring (Suratno Bayan Mutihan), Samboga (Jumiranto), Sambiguna (Rudy Mulyadi).

Panembahan Senopati diperankan oleh Suraji, Kades Kragilan, tokoh Buntoro (Purwanto Sekdes Kerten), Santika (Supardi), Sanjaya (Marlan HS), Ken Warsi (Sinta Jumprit), Biyung Emban (Susiyati). Untuk pemain dagelan ada 4 orang, ialah  Tugino, Suraji, Surono Kades Jogoprayan, dan Mbok Beruk. Peran prajurit adalah Aji, Roni, Iwang, Benny, Andi, Ikkhsan, Ahmad, dan Lutfi.

Untuk pengiring ialah Karwaitan Rasa Jati Desa Ngandong pimpinan Suharjo. Sutradara lakon ketoprak tersebut ditangani oleh Badri Purwanto, produser Wankes Kecamatan Gantiwarno.
Pada pentas ketoprak tersebut sambutan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani,  diwakili Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Klaten, Sri Nugroho.

Tamu undangan yang hadir antara lain Wakil Ketua DPRD Klaten, H Triyono, Wakil Ketua Wankes Kabupaten Klaten, Ki Suwito Radyo. Juga dihadiri Forum Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Gantiwarno, jajaran pejabat kecamatan, kepala desa dan perangkat desa se Gantiwarno serta masyarakat Gantiwarno dan sekitarnya.

 

(ksd/*)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

DomaiNesia