Search

Guru Kelas I & IV Serta Kepala SD Se Eks Kawedanan Gondang Ikuti Bimtek IKM

BERITA KLATEN – Dua ratusan guru kelas I dan IV serta para kepala sekolah (KS) sekolah dasar wilayah eks Kawedanan Gondang, Klaten, Jawa Tengah mengikuti Bimbingan Teknik (BIMTEK) Implementasi Kurikulum Merdeka di Joglo Njeron Boto Desa Kraguman, Kecamatan Jogonalan, Senin s/d Selasa (20 – 28/2022).

Ketua Panitia Bimtek IKM Sugeng Raharjo menuturkan,  pelaksanaan penyelenggaraan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) bulan Juni ini dibagi 2 kelompok.  Untuk kelompok pertama para guru kelas I dan IV serta KS dari Kecamatan Gantiwarno, Jogonalan, dan Kecamatan Prambanan. Kelompok pertama dilaksanakan pada Senin s/d Kamis (20-23 Juni 2022).

Kemudian kelompok 2 terdiri  guru kelas I & IV, serta KS dari Kecamatan Manisrenggo, Kemalang, dan Karangnongko pada Kamis s/d Selasa (23 – 28 Juni 2022).

Lebih lanjut Sugeng Raharjo mengungkapkan, teknis pelaksanaan Bimtek IKM selama 3 hari dilakukan secara tatap muka. Kemudian hari terakhir (1hari) digunakan untuk praktek (On) di sekolah  masing-masing dipantau dan dimonitoring oleh pengawas.

Penyelenggaraan Bimtek IKM ini Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten kerja sama dengan BBPMP Semarang, Jawa Tengah.

Ketua Panitia Pelaksana, Sugeng Raharjo ditengah tengah pelaksanaan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka kepada Berita Klaten.com mengatakan, pelaksanaan Bimtek IKM diikuti sejumlah 200-an guru dan kepala sekolah dari wilayah eks Kawedanan Gondang. Karena banyaknya peserta maka pelaksanaan Bimtek dibagi menjadi dua kelomopok.

Pada  bulan Juni ini baru tahap dilaksanakan Bimtek IKM untuk guru kelas 1 dan 4, selanjutnya ke depan secara berturut juga akan dilaksanakan Bimtek IKM untuk guru kelas 2 & 5, selanjutnya guru kelas 3 dan kelas 6.

Harapan Sugeng Raharja, dengan diadakannya Bimtek IKM ini para guru dan kepala sekolah pada tahun ajaran 2023/2024 Kurikulum Merdeka Belajar sudah bisa diterapkan secara penuh di semua sekolah  di  Kabupaten Klaten.

Masih menurut Sugeng Raharja, maksud dari kurikulum merdeka belajar itu adalah adanya kemandirian siswa dalam mencari bahan untuk belajar. Para siswa bisa saja mengambil bahan ajar dari internet atau sumber lainnya kemudian didiskusikan di sekolah.

“Dengan kurikulum merdeka belajar, siswa tidak lagi tergantung pada guru sepenuhnya, siswa dapat secara mandiri mencari bahan ajar dari sumber dari luar,”tutur Sugeng Raharja menjelaskan.

Sugeng Raharja mengingatkan pada orang tua bila anak-anaknya yang masih duduk di sekolah agar mengawasi ketika anak-anaknya sedang menggunakan gadget atau android untuk belajar di rumah. Orang tua perlu  mendampingi anaknya yang sedang menggunakan HP android. Agar anak tidak menyalahkan gunakan alat-alat komunikasi jenis HP android.

Sugeng Raharjo menjawab pertanyaan Berita Klaten.com mengenai nara sumber Bimtek IKM, ia mengatakan nara sumber antara lain, Dra Suminarsih MPd dari Widya Prada Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Semarang.  Kemudian nara sumber dari lokal ialah Kepala Sekolah Penggerak yang ada di Wilayah eks Kawedanan Gondang, dan Pengawas Sekolah.

Dalam pembukaan Bimtek IKM, Drajat dalam sambutannya antara lain mengatakan semua guru diminta benar-benar menguasai Kurikulum Merdeka.

 

Salah seorang peserta Bimtek IKM, Verena Ira Rositasari sebagai guru kelas 1 Sekolah Dasar (SD) Negeri Prawatan, ia mengungkapkan diselenggarakannya Bimtek IKM ini penting diikuti dan diterapkan di sekolah nantinya, karena perubahan-perubahan yang sangat terasa di sekolahnya.

Ira, sapaan sehari-hari Verena Ira Rositasari, ia menegaskan melalui Kurikulum Merdeka Ira lebih berkesempatan mengetahui minat, bakat, kebutuhan, dan kemampuan siswa.

Menurutnya, asesmen pembelajaran cukup efektif untuk membantu Ira memetakan kebutuhan siswa.

“Saya sebagai guru klas 1 dapat menyusun metode serta strategi pembelajaran yang sesuai minat dan profil siswa. Ditambah dengan pembelajaran kolaboratif berbentuk projek yang bertujuan untuk mengembangkan Profil Pelajar Pancasila melalui pengalaman belajar,”ungkap Ira semangat.

Kepala SD Negeri 1 Kraguman, Mangimbo,  adanya Bimtek IKM ini mengatakan senang. Semua guru kelas I dan IV serta kepala sekolah pada tahun ajaran baru tahun 2022/2023 yang akan datang sudah menjalankan Kurikulum Merdeka sesuai edaran dari Mendiknas. Peserta Bimtek IKM, guru kelas I dan kelas IV akan dapat melaksanakan  di kelas I dan kelas IV. (ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar