HUT Ke-74 Polwan, Polres Klaten Terjunkan Polwan Ke Sekolah

BERITA KLATEN – Polisi Wanita (Polwan) Polres Klaten menggelar kegiatan “Polwan Goes To School” dalam rangka hari jadi ke-74 Polwan  tahun 2022 ini, Senin (8/8/2022).

Para srikandi Polres Klaten  melakukan kegiatan di 4  sekolah dipimpin oleh Kabag Sumber Daya Manusia (SDM) Polres Klaten, Kompol Endang Sulistiyawati. Total ada 18 personel polwan yang dilibatkan terjun di sekolah-sekolah.

“Kita laksanakan di 4 sekolah menurunkan anggota polwan kita, ialah di SMP Negeri 1 Klaten, SMP Negeri 2 Klaten, SMA Negeri 1 Karanganom, dan di SMA Negeri 3 Klaten,”tutur Kompol Endang Sulistiyawati.

Kegiatan Polwan Goes To School, lanjut Kompol Endang S,  diawali dengan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh siswa, yang bertindak sebagai pembina upacara adalah polwan Polres Klaten. Kebetulan Kompol Endang S bertindak sebagai pembina upacara di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Klaten.

Selanjutnya yang bertugas pembina upacara di  SMP Negeri 2 Klaten Iptu Surati, pembina upacara di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Karanganom Kompol Siti Aminah,  dan Ipda Anesthesia Aryani Putri bertindak pembina upacara di SMA Negeri 3 Klaten.

Lebih lanjut Kompol Endang Sulistiyawati  menjelaskan kegiatan Polwan Goes To School adalah  para Polwan Polres Klaten memberikan sosialisasi terkait keamanan berinteraksi di dunia maya/bermedia sosial, bahaya narkoba, dan tertib berlalulintas.

“Pada kesempatan ini, kami memberikan pemahaman terkait tren yang berkaitan dengan anak remaja. Salah satunya keamanan di dunia maya. Jangan sampai mereka menjadi korban dunia maya seperti pedofil online, child grooming, sextortion, love scam, cyber bullying, dan penipuan online,”ungkap Endang S menginformasikan.

Menurut Kompol Endang Sulistiyawati, siswa  merupakan kelompok yang rentan menjadi korban di dunia maya karena usia mereka yang masih di bawah umur dan masih dalam masa mencari jati diri. Jika tidak diberikan pemahaman, mereka akan mudah diperdaya oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Para pelakunya bukan hanya dari dalam negeri tapi juga dari luar negeri.

“Dunia maya kan borderless, semua orang dari penjuru dunia manapun bisa berinteraksi. Itu sangat rawan. Kalau ketemunya dengan orang baik itu tidak masalah, tetapi jika bertemu dengan orang yang berniat jahat, anak-anak diiming-imingi atau dijanjikan sesuatu sangat mungkin terpedaya,”ucap Endang S memperingatkan.

Fitriana salah seorabg siswi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Karanganom mengungkapkan mengapresiasi atas terselenggaranya Polwan Goes To School yang datang di sekolahnya. Karena Polwan yang datang di sekolahnya, banyak menyampaikan informasi baru yang menurutnya sangat bermanfaat untuk menghindari efek negatif dunia maya dan juga bahaya narkoba.

“Alhamdulillah sosialisasinya berjalan lancar, isinya sangat bermanfaat dan berguna buat aku. Tadi dijelaskan tentang narkoba dan kejahatan-kejahatan online, jadi saya sekarang  lebih waspada. Terimakasih Polres Klaten dan Selamat Hari Jadi Polwan ke-74,”ungkap Fitriana.(ksd/rest klaten)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

DomaiNesia