Search

Ibu Kuat Mental, Bayi Lahir Sehat! Kader Tim Pembina Keluarga Pahami Bahaya Postpartum Depression untuk Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga.

Klaten, 13 Agustus 2024 – Dalam perjuangan para ibu untuk mewujudkan kehamilan yang sehat, kesehatan mental kerap menjadi aspek yang diabaikan padahal memiliki peranan yang sangat krusial. Kesehatan mental ibu juga berdampak langsung terhadap tumbuh kembang anak. Peranan keluarga dan orang terdekat sangat diperlukan pada perjalanan kehamilan ibu.

Dalam rangka meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental ibu, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2023/2024 melaksanakan kegiatan psikoedukasi mengenai postpartum depression. Oleh karena itu, untuk mewujudkan tujuan utama program kerja diperlukan kolaborasi dengan berbagai pihak khususnya Tim Pembina Keluarga yang merupakan garda terdepan dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera. Program kerja tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 24 Juli 2024 yang dihadiri oleh 27 orang kader Tim Pembina Keluarga Desa Turus.

Pada pelaksanaan kegiatan, mahasiswi KKN memberikan materi mengenai permasalahan psikologis pada ibu hamil serta cara mencegah postpartum depression. Kader TPK juga diberikan buku saku berjudul “Ibu yang Kuat Mental, Bayi Lahir Sehat” yang berisi informasi mengenai postpartum depression. Selain itu, dilakukan juga sosialisasi mengenai langkah-langkah mengakses website PDSKJI yang merupakan laman yang dibentuk oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa yang menyediakan berbagai tes swaperiksa kesehatan mental.

Miranda Rossa Uli, Mahasiswi Fakultas Psikologi Undip, selaku pemateri berharap melalui psikoedukasi ini warga semakin menyadari pentingnya peran seluruh anggota keluarga dalam menciptakan lingkungan yang aman bagi kesehatan mental ibu. Setelah pelaksanaan program tersebut, salah satu ibu kader TPK mengungkapkan “Saya lebih memahami mengenai depresi pasca melahirkan dan pentingnya dukungan dari lingkungan pada ibu.” Melalui psikoedukasi ini, diharapkan pengetahuan masyarakat terutama kader TPK mengenai postpartum depression akan semakin meningkat demi mewujudkan keluarga sejahtera melalui ibu yang kuat mental dan tumbuh kembang bayi yang optimal.

Penulis : Miranda Rossa Uli Siregar (Mhs KKN Universitas Diponegoro)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar