Ida Pangelingsir Mengingatkan Masyarakat Dalam Sambut Tahun Baru Tetap Jaga Kerukunan & Kondusifitas

BERITA KLATEN – (BALI)   Ketua Umum Asosiasi Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Indonesia Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan dan kondusifitas.

Hal itu disampaikan Ida Pangelingsir di Bali kepada sejumlah media, hari Jumat (30/12/2022) kemarin.

“Marilah kita jaga kerukunan dan kondusifitas masyarakat dalam merayakan malam tahun baru 2023. Diharapkan dalam merayakan datangnya tahun baru tidak dengan  berlebihan sekalipun status PPKM sudah dicabut pemerintah,” tutur Ida Pangelingsir.

Diakui Ida Pangelingsir memang saat ini sudah tidak lagi ada larangan, hanya tetap waspada dan jangan berlebihan saat merayakan tahun baru 2023.

“Jika dalam dua tahun lalu perayaan dan kegiatan bersifat keramaian dan menghadirkan orang banyak wajar dibatasi bahkan dilarang Pemerintah karena kondisi saat itu sangat tidak memungkinkan untuk membiarkan masyarakat membaur dan berinteraksi secara bebas di bawah ancaman wabah corona yang terjadi,” katanya.

Menurutnya kondisi saat ini berbeda dengan dua tahun lalu (th 2020-2021) ketika pandemi Covid-19 merebak sehingga semua kegiatan dibatasi oleh pemerintah, karena itu semua  untuk kepentingan masyarakat sendiri.

“Sekarang pandemi sudah melandai dan cenderung terkendali. Tapi, pemerintah belum mencabut statusnya, sehingga kehati-hatian dan kewaspadaan tetap harus dijaga,” imbuhnya.

Ketua Umum Asosiasi FKUB Indonesia yang juga Ketua FKUB Provinsi Bali ini juga mengajak para tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat untuk tetap menghimbau warga dalam merayakan pergantian tahun baru 2023 ini tetap dalam kewajaran dan tidak berlebihan hingga bisa memicu terjadi gangguan Kamtibmas.

“Sekalipun Pemerintah memberikan kelonggaran namun jangan juga sebebas-bebasnya. Tetap dalam koridor kewajaran. Tidak berlebihan supaya tetap aman dan nyaman,” jelasnya.

Terpenting, kata Ida Pangelingsir dalam memaknai pergantian tahun baru 2023 agar menjadi momen instropeksi diri agar apa yang sudah dilakukan dievaluasi, sehingga kedepan bisa lebih baik.

“Berbagai aktifitas yang sudah baik tentu harus kita teruskan, kalau perlu ditingkatkan. Tetapi yang belum baik tentu harus kita ubah dan diperbaiki. Supaya kita ini bisa jadi orang yang baik dan bemanfaat bagi orang lain,” pesan Ida Pangelingsir.

Diakhir percakapannya dengan sejumlah awak media Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet terus mengajak kepada masyarakat melalui tokoh-tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat untuk menjaga kerukunan dan kondusifitas masyarakat.

“Kami mengucapkan selamat Tahun Baru 2023 semoga tahun ini lebih baik dari tahun yang sudah berlalu, tetap jaga kerukunan dan kondusifitas kamtibmas di masyarakat,” pungkasnya.

 

Penulis: Moch.Isnaeni

Editor: ksd

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

DomaiNesia