Search

Ingin Nikmati Soto Betawi? Mampir Saja Di Soto Betawi Mbak Eny Kalasan

BERITA KLATEN – Warga masyarakat sekitar Jogyakarta dan Solo bila ingin menikmati Soto Betawi untuk memanjakan lidah mampir saja di Warung Makan Soto Betawi  dan Sop Mbak Eny yang berada di Jalan Jogya – Solo Km 14, Kalasan, tepatnya di depan RS Bhayangkara, Kalasan, Kabupaten Sleman, DIY.

Tidak diragukan lagi cita rasa Soto Betawi masakan dari tangan trampilnya Mbak Eny yang sudah familier dengan resep hidangan Soto Betawi dan Sop. Karena itu Haji Sapto Rahayu didampingi isterinya Yuliana Eny Krisdiyati, biasa disapa Mbak Ent membuka Warung Soto Betawi & Sop yang dilaunching pada hari Rabu, 15 Pebruari 2023.  Sebelum launching pada hari Rabu (15/2/2023) pagi,  hari Selasa (14/2) malam dilaksanakan giat mujahadah dan doa bersama mengundang  warga masyarakat di sekitar Warung Soto Betawi dan Sop dan teman-teman guru Klaten. Giat mujahadah dan doa dipandu oleh Iskandar dan Yusup dari Klaten.

Haji Sapto Rahayu yang anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dengan nama panggilannya JZ11ADL mempunyai semboyan atau motto Warung Soto Betawi dan Sop harganya standart ialah Rasa Hotel Harga Mahasiswa.

Haji Sapto Rahayu yakin Warung Soto Betawi & Sop tempatnya strategis di depan Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Kalasan akan banyak lengganannya. Jalan Jogya – Solo yang cukup ramai juga menjadi prospek yang menjanjikan juga. Haji Sapto Rahayu juga siap melayani pesan antar bagi warga masyarakat yang menginginkan dilayani pesan antar.

Isteri Haji Sapto, Yuliana Eny Krisdiyati mengungkapkan  awalnya tertarik pada masakan Soto Betawi. Eny mengaku terpesona  tat kala kakak iparnya memasak Soto Betawi. Eny kemudian mencoba memasak Soto Betawi sendiri. Eny yang kreatif kemudian ia mencoba membuat resep hidangan Soto Betawi sendiri. Ia mencoba tidak memakai bumbu MSG.

Lebih lanjut Yuliana Eny Krisdiyati mempunyai gagasan ingin buka usaha kuliner untuk mengisi hari tua. Pengakuannya usianya yang sudah lebih dari 50 tahun untuk mengisi kegiatan sesudah pensiun. Eny sudah merasa capek kerja masih menempuh jarak 60-an tahun.  Karena itu, Eny yang merasa sudah cukup trampil memasak Soto Betawi memulai membuka kuliner Warung Soto Betawi. Harapannya usaha kulinernya Soto Betawi disenangi masyarakat Jogyakarta.

Yuliana Eny Krisdiyati dengan suaminya Haji Sapto Rahayu, ditemani seorang lelaki tenaganya dari Solo memulai merintis usaha buka Warung Soto Betawi dan Sop. Eny menuturkan, bahwa tenaganya tidak dianggap sebagai buruh yang bekerja di Warung Soto Betawi, tetapi tenaganya dianggap sebagai tim atau patner kerjanya. Keyakinan Eny ketemu tenaganya ini merupakan rahmat dari Allah.

Jenis menu makanan yang disediakan di Warung Soto Betawi dan Sop Mbak Eny adalah Soto Betawi, Sop Ayam, Sop Sapi, dan minuman kecuali es teh, teh panas, kopi, dan disediakan aneka juice/jus.

Fasilitas juga disediakan toilet, dan ruang sholat.  Persis di sebelah belakang Warung Soto Betawi dan Sop adalah Candi Kalasan.  Maka, sehabis mengunjungi Taman Candi Kalasan dapat istirahat di Warung Soto Betawi untuk menikmatinya.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar