Search

Jelang Hari Nyepi, Umat Hindu Prosesi Tawur Agung Di Candi Prambanan

BERITA KLATEN – Umat Hindu di Jawa Tengah dan Yogyakarta gelar prosesi upacara ritual Tawur Agung Kesanga menjelang perayaan hari raya Nyepi di pelataran Candi Prambanan, Rabu (2/3/2022) pagi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Propinsi Jawa Tengah Musta’in Ahmad menyampaikan apresiasi dan selamat memperingati hari Nyepi 2022 bagi umat Hindu.

“Kami sampaikan selamat memperingati hari Nyepi 2022 semoga kita mampu mewujudkan dan merawat kerukunan antar umat beragama, meningkatkan rasa kebersamaan, menjaga persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan,” ungkap Musta’in Ahmad.

Upacara Tawur Agung Kesanga yang dipusatkan di pelataran Candi Prambanan, hanya diikuti sekitar 800 umat dari perwakilan di Jawa Tengah dan dari Yogyakarta.  Acara diawali dengan prosesi mendak tirta dan bethara atau berkeliling mengitari pelataran Candi Prambanan. Pelaksanan Tawur Agung tidak menggunakan ogoh-ogoh yang selama ini ditampilkan dalam upacara tersebut.

“Tema kegiatan ini adalah aktualisasi nilai-nilai tat twam asi dalam moderasi beragama untuk menuju Indonesia tangguh.  Dimana merupakan doa keselamatan bangsa agar pandemi Covid-19 segera sirna, negara aman damai dan pemerintah bisa segera meningkatkan pembangunan menuju Indonesia tangguh,” kata Suparman salah satu panitia saat ditemui sejumlah media.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Kabupaten Klaten Syamsuddin Asyrofi momentum memperingati Hari nyepi mengajak kepada semua pihak untuk senantiasa merawat kerukunan antar umat beragama di tempat masing-masing.

“Dalam membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sangat diperlukan kerukunan. Tanpa kerukunan tidak ada persatuan,” tutur Syamsuddin Asyrofi.

Tawur Agung Kesanga merupakan upacara bhutayadnya yang dilakukan untuk kesejahteraan dan keselasaran alam. Dengan makna untuk memotivasi umat Hindu secara ritual dan spritual agar alam senantiasa menjadi sumber kehidupan.  Selain itu juga berarti melepaskan sifat-sifat serakah yang melekat pada diri manusia.

Usai pelaksaan tawur agung, umat Hindu akan melaksanakan brata penyepian di rumah dan pura masing-masing Umat Hindu. (ksd/*)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar