Search

Kampanye Rapat Umum Pemilu Dimulai 21 Januari 2024

BERITA KLATEN – Jadwal kampanye rapat umum akan dilaksanakan mulai hari Minggu,  21 Januari 2024 sampai dengan Sabtu, 10 Pebruari 2024.

Demikian dikatakan Muhammad Ansori  atas nama  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten dalam gelar sosialisasi surat keputusan KPU Kabupaten Klaten tentang jadwal kampanye rapat umum Pemilu 2024 di Merapi Resto, Sabtu (20/1/2024) siang.

Lebih lanjut, Muhammad Ansori dalam paparannya antara lain mengatakan urutan kampanye rapat umum dalam Pemilu 2024.  Di Klaten pada tanggal 21 Januari 2024 untuk pasangan calon (Paslon) nomor 1 disertai partai pengusung dan pengusul. Selanjutnya pada tanggal 22 Januari 2024 jadwal kampanye untuk Paslon nomor 2 beserta partai pengusung dan pengusul, dan seterusnya jadwal untuk kampanye Paslon nomor 3.

Untuk dua partai PKN dan Partai Buruh yang belum menentukan ikut mendukung/koalisi  Paslon Capres cawapres, menurut Muhammad Ansori secara khusus akan diberi kesempatan memilih 7 hari kesempatan untuk kampanye rapat umum.

Menjawab pertanyaan wartawan, Ansori terkait sosialisasi mengatakan atas nama KPU Kabupaten Klaten dalam kampanye tidak hanya menyampaikan visi misi, tetapi partai juga mesti melakukan pendidikan politik. Mendasarkan pada PKPU nomor 7 mempunyai kewajiban melakukan pendidikan politik bagi masyarakat.

Ansori berharap aturan kampanye agar dipahami dan ditaati oleh peserta kampanye, sehingga di Kabupaten Klaten tercipta aman, sejuk tidak ada gesekan antar partai.

Ansori juga mengatakan berdasarkan SK Bupati Klaten dikuatkan SK KPU Klaten untuk titik tempat kampanye rapat umum di tiap kecamatan ada 1 sampai 3 titik tempat kampanye. Lokasi tempat kampanye rapat umum di lapangan terbuka.

Dalam paparannya konferensi pers, Muhammad Ansori mengungkapkan dengan pendidikan politik yang baik, diharapkan selain untuk membentuk kesadaran politik juga bertujuan membentuk watak atau kepribadian bangsa Indonesia atas dasar kesepahaman bersama terhadap nilai-nilai kebangsaan yang lahir dan tumbuh dalam kehidupan bangsa.

Ansori berharap kampanye dalam Pemilu 2024 harus menjadi upaya meningkatkan kesadaran dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dalam berbangsa dan bernegara. Dampaknya seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah tercipta suasana sejuk, aman, damai, informatif, dan edukatif selama penyelenggaraan Pemilu pada tahapan kampanye. Akhirnya pada puncaknya masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih dapat menggunakan hak pilihnya pada hari Rabu Legi, tanggal 14 Pebruari 2024 sesuai dengan suara hati nuraninya.

Sosialisasi surat keputusan KPU Kabupaten Klaten mengenai jadwal kampanye rapat umum Pemilu 2024 dihadiri oleh perwakilan partai-partai peserta Pemilu 2024 di Kabupaten Klaten, Bawaslu Kabupaten Klaten, anggota Intel Polres Klaten, dan dari Kodim Klaten. (ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar