Search

Kapolda Jateng Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Di Mapolres Klaten

BERITA KLATEN – Kapolda Jateng Irjen Pol  Ahmad Luthfi  meninjau pelaksanaan vaksinasi massal covid-19 di Polres Klaten, Kamis pagi (22/7/2021).

Tiba di Mapolres Klaten  sekira pukul 08.00 Kapolda Jateng bersama para pejabat utama Polda dan Forkompinda Kabupaten Klaten langsung memantau jalannya vaksinasi di 4 Gerai Vaksinasi Presisi yang didirikan di halaman belakang Polres Klaten. Beberapa hal dicek Kapolda antara lain sistem antrian untuk menghindari kerumunan, ketersediaan tenaga vaksinator hingga ketersediaan fasilitas protokol kesehatan lainnya. Kapolda Jawa Tengah kemudian mengapresiasi vaksinasi yang berjalan lancar dengan jumlah peserta yang cukup besar yakni 3000 orang dalam sehari.

Kepada awak media, Kapolda mengatakan bahwa dalam rangka percepatan herd immunity, Polda Jateng telah mendirikan lokasi vaksinasi massal bernama “Gerai Vaksinasi Presisi”. Gerai ini tersebar di seluruh jajaran Polres dan setiap harinya melakukan vaksinasi massal sebagaimana di Polres Klaten ini.

“Di seluruh kabupaten dan kota kita laksanakan hal yang sama. Dimana untuk jajaran kepolisian kita siapkan yang namanya Gerai Vaksinasi Presisi. Gerai Vaksinasi Presisi di seluruh Jawa Tengah kita mempunyai 336 gerai yang setiap hari melakukan vaksinasi secara massal,”tutur Kapolda Jateng.

Terkait PPKM Darurat, Kapolda menjelaskan bahwa jajarannya juga sudah menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak covid-19. Bantuan beras itu didistribusikan kepada masyarakat kecil seperti pedagang kaki lima, sopir angkot dll melalui Polres dan Polsek. Diharapkan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat dalam pandemi covid-19.

“Khusus Polri, kita mendapatkan bantuan sebanyak 380 ton yang sudah tersebar di masing-masing Polres. Di masing-masing Polres kita siapkan 6 ton untuk bakti sosial ke masyarakat yang terdampak,”ungkap Kapolda menjelaskan.

Kapolda Jateng menambahkan bahwa mulai Jumat (23/7/2021) di wilayah Kabupaten Klaten akan diberlakukan Managemen Kontijensi. Hal tersebut dilakukan karena angka konfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Klaten cukup besar. Untuk itu penanganan covid-19 di Wilayah Provinsi Jawa Tengah akan dikonsentrasikan di Kabupaten Klaten.

“Jadi angka aktif di Klaten itu sudah mendekati hampir 5000. Maka seluruh pejabat Polda Jateng akan turun kesini dalam rangka memberikan briefing, mengevaluasi tentang kegiatan-kegiatan penanganan covid 19 di wilayah Klaten. Saya akan turun langsung dalam rangka penetrasi barangkali perlu adanya suatu evaluasi penekanan terkait dengan masyarakat kita,”ungkap tegas Kapolda Jateng.

Langkah pertama yang akan dilakukan Polda Jateng untuk penanganan covid-19 di Kabupaten Klaten adalah pemindahan para warga yang isolasi mandiri ke lokasi isolasi terpusat. Hal tersebut menurut Kapolda perlu dilakukan karena pada prakteknya isolasi mandiri tidak efektif menekan angka penularan covid-19 dan justru menimbulkan cluster keluarga.

“Yang paling utama masyarakat Klaten saya imbau, mari kita melaksanakan kegiatan dengan cara ikut isolasi terpusat. Karena isolasi terpusatnya telah kita siapkan oleh Pemda dan Pemprov sudah siap. Jadi di lokasi isolasi terpusat itu, kita dikumpulkan, diobati, 2 minggu pulang kita sehat kembali. Tidak usah takut. Semua beban dibiayakan kepada Pemda maupun Pemprov. Polri nanti membantu untuk ikut serta dalam isolasi terpusat,”ungkap Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Usai meninjau vaksinasi, Kapolda Jateng kemudian melakukan bakti sosial membagikan 100 paket sembako kepada pedagang hik, tukang becak dan tukang ojek di seputaran Kota Klaten.(ksd/humas res)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar