Search

KBM Dalam Pandemi Covid-19, Guru SD Negeri 1 Bakung Kangen Para Muridnya

BERITA KLATEN –  Para guru di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Bakung yang sudah sekian lama melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara daring di masa Pandemi Covid-19 ini merasa kangen pada para muridnya.

Demikian diungkapkan para guru SD Negeri 1 Bakung, di Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ketika ditemui BERITA KLATEN.com di ruang guru, Sabtu (22/8/2020) pagi. Lebih lanjut mereka para guru mengatakan senada menyatakan merasa jenuh melaksanakan KBM secara dalam jaringan (Daring). Salah seorang guru kelas IV Kusnul, yang  statusnya guru wiyata bhakti (WB) menuturkan bila para muridnya juga merasa kangen, merasa rindu ingin sekolah seperti biasanya. Menurut Kusnul, para murid ingin masuk sekolah dan bertemu dengan teman-temannya. Bahkan ada siswa karena merasa rindu atau kangen bertemu dengan teman-temannya,  dan para guru kemudian siswa itu menulis puisi kemudian pada guru. Menurut para para guru,  para siswa juga merasa jenuh belajar lewat daring.

Tri Mulyani yang mengampu Kepala SD Negeri 1 Bakung pada BERITA KLATEN.com mengatakan KBM selama masa pandemi virus korona atau Covid-19 hari Senin s/d. Kamis pukul 07.30 – 12.20. Hari Jumat pukul 07.30 – 11.00, kemudian hari Sabtu pukul 07.30 hingga pukul 11.30.

Para guru di ruangan guru  memberi tugas pada para siswa lewat washap (WA) nenggunakan hand phone android, atau laptop.  Kemudian para siswa mengumpulkan tugas datang di sekolah, atau orang tuanya yang datang ke sekolah mengumpulkan tugas yang sudah dikerjakan  oleh siswa. Kemudian juga melakukan pemetaan tempat tinggal siswa. Guru menjadwal home visit datang di tempat tinggal siswa  yang sudah dipetakan.

Tri Mulyani yang tugas pokoknya sebagai Kepala di SD Negeri 1 Ngering, Jogonalan  lebih lanjut menjelaskan, para guru di SD Negeri 1 Bakung dalam melaksanakan KBM juga menggunakan video. Orang tua siswa dilibatkan untuk ikut mendapingi belajar putra-putranya. KBM secara daring banyak orang tua siswa yang belum memahami. (ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar