Kejuaraan Cabor DBON Tingkat Provinsi Digelar Di Klaten

BERITA KLATEN — Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS ) Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemkab Klaten dan IGORNAS Kabupaten Klaten berkolaborasi bersama menyelenggarakan Kejuaraan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) seperti yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional.

Hal tersebut disampaikan ketua panitia Tonang Yuniarta di Klaten usai acara pembukaan, Sabtu (10/12/2022) pekan lalu di pendopo Pemerintah Kabupaten Klaten.

Menurut Tonang dalam perpres tersebut dinyatakan bahwa arah kebijakan pembinaan pengembangan keolahragaan Nasional perlu dilakukan secara efektif, efisien, unggul, terukur, sistematis, akuntabel, dan berkelanjutan dalam lingkup olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, olahraga prestasi, dan industri olahraga.

“Untuk mewujudkan kegiatan tersebut maka diperlukan kolaborasi berbagai pihak mewujudkan prestasi olahraga Indonesia yang mendunia,” katanya.

Oleh karena itu menurut Tonang Ikatan Guru Olahraga Nasional atau disingkat IGORNAS menjadi salah satu mitra strategis pemerintah dalam mewujudkan prestasi olahraga dari usia dini dan usia remaja yang berbasis di sekolah-sekolah.

“Ikatan Guru Olahraga Nasional bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan pemerintah kabupaten Klaten bersama-sama menyelenggarakan kegiatan kejuaraan cabang olahraga DBON Tingkat Provinsi Jawa Tengah untuk cabang olahraga Panahan, Atletik, dan Pencak Silat,” katanya.

Kegiatan dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan Olahraga disporapar Jawa Tengah bapak Aria Chandra Destianto dan dihadiri oleh Bupati Klaten yang diwakili oleh sekda Klaten, stake holder keolahragaan di kabupaten Klaten, guru-guru olahraga seluruh jenjang baik SD, MI, SMP, MTS, SMA, SMK, maupun MA.

Dalam sambutannya yang dibacakan Aria Chandra, Gubernur Jawa Tengah mengatakan bahwa pemerintah provinsi Jawa Tengah sangat mendukung kegiatan kejuaraan  cabang olah raga (Cabor) DBON tingkat provinsi Jawa Tengah yang diadakan Tahun 2022 ini.

“Kami sangat mengharapkan agar kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik dan terkoordinasi sehingga muncul bakat-bakat usia remaja dari provinsi Jawa Tengah yang akan mengukir prestasi di tingkat dunia mengharumkan nama provinsi Jawa Tengah khususnya dan mengharumkan nama Indonesia pada umumnya,” katanya.

Sementara itu Bupati Klaten melalui Sekda Klaten Jajang Priyono,  memberikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan tingkat provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan di kabupaten Klaten ini.

“Melalui kegiatan ini para remaja usia pelajar dapat kembali bangkit lebih cepat setelah dalam diuji pandemi covid-19 sehingga mereka bisa beraktivitas memunculkan mengembangkan minat dan bakat di bidang olahraga sehingga bisa menjadi penyaluran energi secara positif untuk menguatkan karakter mewujudkan profil pelajar Pancasila” kata Bupati Sri Mulyani.

Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Kemenpora RI yaitu kepala bidang olahraga prestasi daerah Dr. Muhammad Azis Ariyanto.

Dalam sambutannya Muhammad Azis menyampaikan rasa terima kasih atas support penuh dari pemerintah provinsi Jawa Tengah dan kabupaten Klaten, IGORNAS provinsi Jawa Tengah maupun IGORNAS Kabupaten Klaten yang telah bekerjasama dengan baik dalam menyelenggarakan kejuaraan cabang olahraga DBON tingkat provinsi Jawa Tengah sesuai arahan Menteri.

“Kami dari Kemenpora sangat mengapresiasi dan mengatakan bahwa ini merupakan bentuk sinergitas seluruh komponen bangsa untuk mewujudkan visi bersama menuju prestasi olahraga Indonesia di olimpiade yang akan datang menuju Indonesia emas tahun 2045,” ujarnya.

Sementara itu Tonang Juniarta selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan program Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia untuk mensukseskan Desain Besar Olahraga Nasional yang secara teknis bekerja sama dengan IGORNAS Provinsi Jawa Tengah dan IGORNAS Kabupaten Klaten.

Menurut Tonang sedikitnya ada tiga cabang olahraga dari 14 cabang olahraga DBON yang dipertandingkan dalam kejuaraan CABOR DBON tingkat provinsi Jawa Tengah ini.

“Ketiga cabang olahraga tersebut merupakan potensi yang ada di provinsi Jawa Tengah yaitu cabang olahraga Atletik, Pencak Silat, dan Panahan,” katanya.

Untuk cabor Panahan menurutnya dilaksanakan di lapangan Panahan KONI Klaten sedangkan cabang olahraga Pencak Silat dipertandingkan di Gedung Saroga KONI Klaten sehingga dua cabang tersebut dilaksanakan di kompleks Olahraga Koni Klaten.

“Khusus cabang olahraga Atletik yang mempertandingkan 4 nomor yaitu nomor Lempar Peluru, Lempar Cakram, Lempar Lembing, dan Lari 100 Meter ini diselenggarakan di Stadion Trikoyo Klaten,” pungkasnya.

 

Penulis: Moch.Isnaeni

Editor : ksd

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

DomaiNesia