Kemenkominfo Gelar Workshop Teknologi Digital Sektor Pendidikan Di Klaten

BERITA KLATEN – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Direktorat Ekonomi Digital menyelenggarakan workshop Adopsi Teknologi Digital Sektor Pendidikan di Kabupaten Klaten, Jateng,  Rabu (31/8/2022).

Kegiatan yang digelar di Hotel Grand Tjokro ini diikuti oleh guru dan tenaga pendidikan SMA-SMK di Kabupaten Klaten.
Ketua Tim Transformasi Digital Sektor Strategis Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata Direktorat Ekonomi Digital, Dikki Rukmana mengatakan agenda tersebut merupakan salah satu kegiatan dari Direktorat Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk melakukan digitalisasi di sektor strategis, khususnya di sektor pendidikan.

“Direktorat Ekonomi Digital memiliki program Adopsi Teknologi Digital di 6 Sektor Strategis dengan beberapa inisiatif digital di Sektor Pertanian, Sektor Maritim, Sektor Pendidikan, Sektor Logistik, Sektor Pariwisata dan Sektor Kesehatan,” paparnya saat memberikan sambutan.

Menurutnya workshop ini  mematangkan penggunaan teknologi digital dalam menunjang pembelajaran yang diselenggarakan institusi pendidikan. Hal ini lantaran mode pembelajaran dengan menggunakan platform digital telah berlangsung sebelumnya sejak masa pandemi Covid-19.

“Transformasi pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh saat pandemi lalu, kemudian saat pembelajaran tatap muka kembali digelar. Workshop ini mematangkan penggunaan platform digital dalam metode pembelajaran saat ini, kurikulum merdeka. Jadi pengalaman saat pandemi lalu, guru dan tenaga pengajar diajak untuk lebih memanfaatkan teknologi digital yang sudah ada,”ungkapnya.

Workshop ini turut dihadiri perwakilan Kementerian Kominfo, Kemendikbudristek, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Klaten, Amin Mustofa.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Diskominfo Klaten, Amin Mustofa mengapresiasi workshop adopsi teknologi digital di sektor pendidikan tersebut. Menurutnya hal tersebut selaras dengan tujuan Klaten Smart City yang saat ini tengah dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Klaten.

“Workshop adopsi teknologi digital sektor pendidikan ini menjadi forum yang baik, agar penerapan teknologi pendidikan secara subtanstif dan konferhensif mampu menjawab akar permasalahan pendidikan masa kini. Tantangan pendidikan di era industri 4.0 akan menuju ke perubahan cara belajar, pola pikir, serta cara bertindak para peserta didik dalam mengembangkan inovasi kreatif di berbagai bidang,” katanya.

Menurutnya sudah saatnya sektor pendidikan di Klaten memanfaatkan teknologi digital secara penuh. Sehingga sektor pendidikan terus mengalami perkembangan ke arah yang lebih maju.

“Kondisi pandemi menjadi pembelajaran bagi kita bahwa pengelolaan pendidikan harus dilakukan dengan penyesuaian mendasar, itupun juga harus dibarengi dengan perbaikan perilaku belajar dan mengajar berbasiskan teknologi pendidikan yang terus tumbuh. Sebagaimana kita ketahui, sektor pendidikan menjadi urusan dasar yang wajib diselenggarakan oleh pemerintah sebagai bagian untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, maka sudah sepantasnya semua pihak, semua eleman negara, mengambil peran penting berkontribusi mengembangkan setiap potensi generasi bangsa untuk maju dan berkualitas,” paparnya.

 

Penulis: ang/Kominfo-klt

Editor: ksd

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

DomaiNesia