Search

Keren! Mahasiswa KKN Undip Menerapkan BUDIKDAMBER sebagai Solusi Ketahanan Pangan

Klaten, 30 Juli 2023 – Mahasiswa KKN Tim II Undip melaksanakan program kerja monodisiplin berupa produk BUDIKDAMBER (Budidaya Ikan dalam Ember) kepada Ibu-Ibu PKK seluruh Desa Ngaren secara langsung di Balai Desa Ngaren, Dk. Krandon, Kec. Pedan, Kab. Klaten. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 30 Juli 2023 dengan luaran berupa produk hasil jadi BUDIKDAMBER dan leaflet sebagai informasi terkait hal tersebut. Penyempitan lahan di perdesaan semakin meningkat karena kepadatan penduduk dan pemanfaatan lahan kurang maksimal.  Mengubah sisa lahan menjadi lebih bermanfaat dengan urban akuakultur dilihat sebagai peluang mahasiswa KKN Undip 2023 untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat dan sebagai solusi ketahanan pangan masyarakat.

Umumnya urban akuakultur tersedia pada daerah perkotaan karena lahan sempit akibat padat penduduk yang signifikan dan pembangunan gedung-gedung tinggi. Tetapi, jika dilihat dari peluang tersebut perdesaan juga bisa lebih modern dengan penerapan urban akuakultur. Urban akuakultur yang diterapkan yaitu BUDIKDAMBER sederhana yang menggabungkan konsep tanaman dan ikan.

BUDIKDAMBER merupakan budidaya ikan dalam ember yang tidak perlu menggunakan pupuk, tidak perlu lahan luas, tidak perlu listrik, tidak perlu banyak air dan suplai oksigen dalam kolam. Tanaman yang diterapkan dapat berupa bayam, kangkung, pakcoy, tomat dan lainnya, sedangkan ikan yang digunakan nila, mas dan lele. Kelebihan dari BUDIKDAMBER ini yaitu minim modal dan perawatan. Perawatan yang mudah, cepat dan produksi lebih tinggi karena menggunakan tanaman untuk meminimalisir limbah, pupuk dan air.

Melihat potensi tersebut mahasiswa KKN Undip di Desa Ngaren, Klaten memberikan informasi, edukasi dan pelatihan untuk pembuatan BUDIKDAMBER sederhana. Program kerja ini mendapat antusiasme 10 orang Ibu PKK sebagai perwakilan tiap Dukuhnya. “Inovasi yang bagus karena dapat menambah peluang ekonomi lebih maksimal dengan 2 produk yang bisa dipanen dalam 1 wadah ember” ujar salah satu Ibu PKK. Program kerja yang ditawarkan melalui akuaponik sederhana ini dapat membuka mindset masyarakat terkait pengelolaan lahan. Hal ini dikarenakan, selain panen tanaman dapat juga panen ikan yang menambah pendapatan sampingan.

 

Penulis: Maulidya Oktaviona – Akuakultur – Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar