Search

Kirab Budaya Tambongwetan Menampilkan Potensi 8 RW & 26 RT

BERITA KLATEN – Desa Tambongwetan, Kecamatan Kalikotes, Klaten, Jawa Tengah menggelar kirab budaya atau karnaval diikuti sejumlah 8 rukun warga (RW) yang terdiri dari 26 rukun tetangga (RT)  route sepanjang sekitar 3 kilo meter, Sabtu (26/8/2023).

Dari masing-masing RW menampilkan beragam seni. Ada seni kuda, ada seni musik, ada perangkat alat Jawa. Ada warga yang memakai pakaian tentara, polisi, anak-anak remaja ada yang berpakaian Paskibra menggunakan seragam sekolahnya.

Selain potensi seni, warga Desa Tambongwetan juga ada yang menampilkan hasil bumi berupa sayur-sayuran yang ditata di atas mobil pickup, juga ada sayuran yang disusun berupa gunungan kecil. Gunungan sayuran terdiri dari  berbagai sayur. Ada kacang panjang, wortel, kobis, sawi, padi, dan sayur lainnya. Selain itu juga ada buah-buahan hasil bumi yang dirangkai di mobil pickup juga.

Pemberangkatan kontingen peserta kirab budaya dari 8 RW dilakukan oleh Kepala Desa (Kades) Tambongwetan Yuliarti SPd dengan mengibarkan bendera merah putih sekitar pukul 14.00.

Yuliarti ketika diwawancarai wartawan mengatakan kirab budaya atau karnaval ini menjadi media untuk menggali potensi semua rukun warga. Selain itu juga untuk mempersatukan seluruh elemen masyarakat Tambongwetan untuk guyub dan rukun. Kirab budaya ini untuk memeriahkan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

Kegiatan kirab budaya ini melibatkan Polsek dan Koramil Kalikotes untuk menjaga keamanan. Camat Kalikotes Retno juga nampak hadir di Tambongwetan untuk menyaksikannya. Giat kirab budaya ini dinilai juga oleh juri.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar