Search

Kirab Gunungan & Budaya Di Sasonoloyo Besari Kulon Untuk Pilot Projek Desa Jabung

BERITA KLATEN – Nyadran dengan menampilkan kirab gunungan dan budaya dengan prosesi yang diawali dari depan rumah Kades Jabung Pramono menuju Sasonoloyo Brojowangsan, Besari Kulon merupakan pilot projek di Desa Jabung, Kecamatan Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (18/3/2023).

Ada 4 gunungan yang dikirabkan dan bergodo prajurit dengan uniform prajurid kraton berpakaian dominan  merah, dan barisan pembawa sebagian alat musik jawa.  Prosesi kirab gunungan dan kirab budaya dari depan Rumah Pramono menuju Sasonoloyo Brojowangsan, Dusun Besari Kulon, Desa Jabung, Kecamatan Jogonalan kurang lebih berjarak 1,5 kilo meter.

Suasana sangat meriah, warga masyarakat Dusun Besari Wetan dan Besari Kulon banyak yang menyaksikan prosesi kirab gunungan dan budaya. Sejumlah 4  gunungan yang terdiri dari sayuran, buah-buahan, serta snack (makanan kecil) dipikul warga masyarakat dari rukun warga (RW) 9, RW 10, dan RW 11, serta perangkat Desa Jabung.

Ketika prosesi kirab gunungan dan kirab budaya sampai di Sasonoloyo Brojowangsan Besari Kulon diturunkan dari pikulan. Kemudian dilakukan doa-doa secara Kristiani, dan secara Islam. Doa secara Kristiani dari agama Kristen, dan Katolik, Hindu, dan secara Islam.

Nampak hadir dalam nyadran dengan kirab gunungan dan kirab budaya dari unsur Polsek dan Koramil Gantiwarno, dari Kantor Urusan Agama Kecamatan Gantiwarno, Korwil Pendidikan Kecamatan Gantiwarno, Pemerintah Desa Jabung, termasuk dari BPD Jabung.

Kades Jabung  Pramono, dalam sambutannya antara lain mengatakan kirab gunungan dan kirab budaya yang dilaksanakan hari ini, dalam momentum nyadran adalah untuk pilot projek bagi Desa Jabung. Kirab gunungan dan kirab budaya sudah menjadi program Desa Jabung pada tahun 2020. Namun karena pada tahun itu kondisi dalam masa pandemi covid-19 maka pakaian uniform (seragam) prajurit kraton belum dipergunakan.

Menjawab pertanyaan wartawan gunungan yang terdiri dari buah-buahan, juga gunungan terdiri sayuran, dan gunungan berbagai snack merupakan ucapan syokur pada Tuhan dan sodakoh pada Tuhan yang dibagikan pada warga masyarakat. Mengenai harapan Kades Jabung, kedepan kirab gunungan dan kirab budaya dilaksanakan lebih meriah lagi di Desa Jabung.

Salah seorang anggota Koramil Gantiwarno yang memimpin bergodo prajurit, pada Berita Klaten.com mengatakan hanya latihan 2 kali untuk persiapan kirab gunungan dan kirab budaya.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar