Search

Lakukan Cek Kondisi Bendi Di Klaten Yang Akan Ikut Memeriahkan Jokowi Ngunduh Mantu

BERITA KLATEN – Paguyuban Bendi Klaten (PBK) ikut memeriahkan acara Joko Widodo (Jokowi)  ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono di Surakarta, Minggu (11/12/2022). Namun bendi sebelumnya  dilakukan pengecekan oleh Wakapolres Klaten  Kompol Tri Wahyuni.

Sejumlah 5 kereta kuda atau andong akan diberangkatkan bersama-sama dari Klaten pada minggu pagi dan direncanakan digunakan untuk mengangkut tamu undangan. Para kusir andong mengaku sangat senang dan bangga dilibatkan dalam acara tersebut.

“Terima kasih banget diikutkan acara. Semua warga Klaten, pokoknya suka dan senang. Menyengkuyung Mas Kaesang dan Bapak Presiden Jokowi,” ucap Warsito (65 tahun) selaku ketua PBK penuh antusias, Sabtu (10/12/2022).

Warsito menjelaskan bahwa seluruh andong dan kuda dipersiapkan secara khusus untuk acara di Surakarta ini. Andong dicuci dan dipasang berbagai hiasan untuk menambah kenyamanan penumpang.

“Ini tadi kami siapkan dari pagi. Andong semuanya sudah ready. Besok jam 3 pagi berangkat, tak gledek pelan-pelan (saya bawa pelan-pelan),”tutur Warsito.

Kuda juga diberi  jamu khusus agar staminanya terjaga selama perjalanan dan saat kegiatan berlangsung.

“Kuda saya  beri jamu telur.  Seekor kuda diberi jamu 10 butir telur, untuk kekuatan jalannya. Intinya semua kuda dan bendi/andong sudah siap,”ungkap Warsito menjelaskan.

Ketika Polres Klaten  melakukan pengecekan langsung kepada para pemilik andong. Pengecekan andong dilakukan oleh Wakapolres Klaten bersama sejumlah perwira Polres Klaten dan anggota Polsek.

Polres Klaten memastikan andong dari Klaten yang digunakan untuk acara pernikahan Kaesang Pengarep dengan Erina Sofia Gudono sudah siap, baik dari aspek kenyamanan maupun keselamatan.

“Kami mengecek kesiapan andong tersebut baik perlengkapan bendi/andong dan kesehatan kuda. Alhamdulillah semua sudah ready, dan nanti malam akan digeser ke kota Solo. Rencana akan berangkat pada pukul 3 dini hari,”ungkap Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo melalui Wakapolres Kompol Tri Wakhyuni  saat mengecek andong di rumah Warsito di Desa, Jonggrangan, Klaten Utara,  Sabtu (10/12/2022).

Kompol Tri Wakhyuni,  kemudian memberikan himbauan kepada para kusir andong agar berhati-hati selama perjalanan maupun pada saat mengangkut tamu undangan.

“Tentunya yang harus diperhatikan kehati-hatian, mengingat berangkatnya nanti lewat jalur utama,”pesan Kompol Tri Wahyuni.

 

Penulis : humas Polres

Editor : ksd

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar